Moms, mengatur keuangan nggak cuma bisa orang dewasa, lho. Bahkan nggak semua orang dewasa bisa mengatur keuangan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa orang nggak membiasakan diri mengelola keuangan sejak kecil.

Makanya penting banget untuk mengatur keuangan ketika masih sekolah, Moms. Hal ini bisa dimulai dari Moms yang mengajarkan pada anak-anak di rumah supaya sang anak lebih menghargai proses untuk mempunyai uang dan memahami bahwa masa depan yang baik bisa diraih dengan pengelolaan keuangan yang baik pula.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah cara yang bisa Moms lakukan untuk mengajarkan anak mengelola keuangannya. Simak, ya!

1. Buatlah rencana keuangan


Awalnya, Moms harus mengajarkan pada anak caranya merencanakan keuangan. Moms bisa memberi tahu anak untuk mulai dengan rencana keuangan perminggu atau per bulan tergantung kebutuhan mereka. Hal ini penting untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran, Moms.


2. Ajarkan pada anak tentang kebutuhan dan keinginan


Anak-anak biasanya hanya membeli apapun yang mereka inginkan, makanya penting untuk Moms nggak memanjakannya dengan terus membelikan apa yang mereka inginkan. Biarkan anak hanya membeli apa yang mereka butuhkan. Ini bisa melatih anak untuk menahan dirinya dari kebiasan belanja yang boros tanpa memahami kebutuhannya, Moms.


3. Buatkan rekening tabungan


Setiap sekolah pasti akan mengajarkan untuk jadi anak yang rajin menabung. Menabung ini memang hal yang umum dilakukan ketika seseorang pandai mengatur keuangannya. Apalagi membuat tabungan untuk anak yang masih sekolah ini gampang banget, Moms.


4. Latih anak untuk disiplin


Kalau sudah disiplin, Moms nggak perlu khawatir sang anak bakal jadi boros. Hal ini penting, karena mau sebaik apapun rencana keuangan, hasilnya nggak akan ada kalau anak terus melanggarnya. Disiplin artinya mematuhi prinsip keuangan dan nggak mudah menghabiskan uang untuk hal yang nggak dibutuhkan.


5. Enggak bergantung pada pemberian orang tua

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang!! Produk Kecantikan ini Masih Bisa Digunakan Meskipun Sudah Kadaluarsa! Yuk, Intip Caranya!


Moms, enggak ada salahnya mendukung anak mempunyai usaha untuk tambahan uang jajannya. Ketika anak punya penghasilan tambahan, ia pasti jadi lebih bijak dalam mengelola keuangan. Bahkan pengalaman anak jadi lebih banyak dibandingkan anak seusianya yang lain.

Jadi, itulah cara supaya anak lebih bisa mengatur keuangannya. Dukungan dari Moms berarti banget sang anak, maka jangan sia-siakan waktunya di masa sekolah hanya dengan bermain dan menghamburkan uang untuk kesenangan semata ya, Moms.