Gairah seksual pada wanita memang bisa naik turun seiring waktu. Namun, apabila sering kamu mungkin mengalami penurunan gairah seksual. Hal ini bisa terjadi pada wanita dari segala usia, lho! Satu hal yang pasti, frekuensi hubungan seksual tak ada hubungannya dengan hasrat atau kepuasan seksual.

Profesor biologi reproduksi di Case Western Reserve School of Medicine, Kingsberg mengatakan bahwa hasrat seksual lebih dari sekedar masalah libido rendah atau dorongan seks .

“Dorongan seksual adalah komponen biologis dari keinginan, yang tercermin sebagai ketertarikan seksual spontan termasuk pikiran seksual, fantasi erotis, dan lamunan,” kata Kingsberg, dikutip dari Halodoc.

Dorongan seksual bisa menurun secara alami seiring bertambahnya usia. Tetapi hasrat seksual mencakup faktor interpersonal dan psikologis yang bersifat spontan dan bisa naik turun. Melansir dari Popbella, Selasa (15/9/2020) berikut 7 kemungkinan yang membuat hasrat seksual wanita menurun.

1. Kurangnya kepuasan emosional

Di atas dorongan seksual, hal yang lebih penting adalah keintiman. Jika kita marah pada pasangan, kita bisa jadi terangsang tetapi kita tak ingin berhubungan seksual dengannya. Itulah mengapa keharmonisan hubungan memegang peranan yang sangat penting dan bisa memengaruhi kita secara emosional.

2. Kelahiran anak

Kelahiran anak mungkin memberikan kebahagiaan secara emosional, tapi cukup traumatis pada fisik seorang perempuan. Butuh waktu bagi tubuh perempuan untuk bisa recovery dan siap untuk berhubungan seks lagi.

Baca Juga: Selain Bercinta, 4 Momen Ini Bikin Hubungan Suami Istri Awet dan Bahagia Lho!