Beauty, ada sekitar 16.000 orang pernah berpartisipasi dalam program pengembangan profesional Keith Raniere NXIVM, dan jumlah itu, seperti yang dilansir dari HBO's The Vow, termasuk beberapa selebriti.

Salah satu bintang Hollywood yang melek banget akan rahasia gelap kultus itu adalah Catherine Oxenberg dari Dinasti, lho. Aktris ini membawa putrinya, India, ke dalam grup sebelum mengetahui sepenuhnya pelanggaran Raniere.

Akhirnya, setelah bertahun-tahun dianiaya, India meninggalkan NXIVM setelah penangkapan Raniere dan menyembunyikan profilnya sejak saat itu.

Tahun 2011 silam Catherine memperkenalkan India pada NXIVM yang saat itu ia berusia 19 tahun. Ia percaya bahwa kursus swadaya perusahaan akan membuatnya memulai bisnisnya dan bertransisi menjadi dewasa.

Namun, sedikit yang dia tahu bahwa skema pemasaran bertingkat juga telah menjadi corong bagi Raniere untuk merekrut wanita ke dalam kultus budak seks NXIVM, DOS. Sebelum warisan NXIVM runtuh, India dicap dan diindoktrinasi ke dalam kultus.

Nahas, akhirnya dia telah dipaksa untuk mempertahankan diet 500 kalori per hari dan melakukan hubungan seksual dengan sang pendiri. Aktris Smallville Allison Mack adalah "tuannya".

Sementara itu, Catherine berjuang untuk mengeluarkan putrinya dari pemujaan itu pada tahun 2017, seorang pembelot NXIVM menghubungi bintang Dynasty dengan kekhawatiran tentang kondisi India.

Berlanjut hingga Agustus 2018, Catherine mengungkapkan bahwa India telah meninggalkan pemujaan sekitar Juni tahun itu setelah penangkapan Raniere dan penutupan NXIVM. Catherine vokal banget tentang pengaruh pemujaan terhadap keluarganya, lho. Ia bahkan merilis sebuah buku, Captive: A Mother's Crusade to Save Her Daughter From a Terrifying Cult, pada tahun 2018.

Ia berhasil memproduksi film Lifetime, Escaping the NXIVM Cult: A Mother's Fight to Save Her Daughter, pada tahun 2019 yang menggambarkan sisi gelap dan predator NXIVM.

Bagi Catherine, India memiliki rencana untuk menulis buku tentang pengalamannya di NXIVM, meskipun detail dan tanggal rilisnya belum diketahui.

"Saya pikir itu penting sebagai bagian dari proses penyembuhan India, sebagai bagian dari dia mendapatkan kembali rasa otonominya. Merasa diberdayakan sebagai wanita dan bukan sebagai korban lagi," tutur Catherine kepada Access Hollywood pada 2019.

"Dia telah diolok-olok dan diekspos begitu banyak di media, sebagian besar di tangan saya, tetapi itu adalah satu-satunya jalan yang saya miliki sejauh mengeluarkan dia," tambahnya lagi.

India sendiri belum ramai diperbincangkan sejak meninggalkan pemujaan. Kendati demikian, Sang ibu terus mengabarkan kepada pers dan mengatakan pada Good Morning America bahwa India telah "melakukan banyak penyembuhan". India pun sekarang "berada di tempat yang benar-benar berdaya."

Baca Juga: Keren! J Lo dan Maluma Kolaborasi 2 Lagu Sekaligus!

Kabar terakhir yang didapat dari PageSix, dia dilaporkan meninggalkan NXIVM untuk menjalin hubungan dengan Patrick D'Ignazio, seorang koki di restoran Double Zero di New York City. India pun mengumumkan pertunangannya di Instagram pada Oktober 2019 silam.