Air menjadi salah satu elemen penting bagi tubuh dan memberikan banyak manfaat. Inilah yang menjadi alasan orang tua seringkali memberikan anaknya minum air putih. Terlebih lagi, banyak dokter anak yang menyarankan kepada orang tua untuk sering memberi si kecil asupan air.

Namun,apa yang terjadi jika memberikan si kecil terlalu banyak air? Melansir dari Parents.com (16/9/2020), memberikan air dalam jumlah berlebihan pada si kecil terutama saat ia masih bayi akan memberikan dampak yang negatif, yaitu keracunan air.

Menurut Christopher Carrubba, seorang pendiri dan CEO StudyMed, keracunan air ini adalah hal yang biasa terjadi jika seseorang minum air dalam jumlah yang banyak.

Saat air masuk dalam jumlah yang berlebihan dalam tubuh, air dapat mencairkan konsentrasi elektrolit serum dalam tubuh seperti natrium, kalium, dan kalsium.Terutama jika terjadi pada anak kecil, terlalu banyak minum air dapat mengakibatkan hiponatremia atau disebut juga penurunan natrium.

Saat ini terjadi, sel-sel dalam tubuh akan membengkak sehingga dapat berisiko mengalami kerusakan otak jika tidak segera ditangani. Waduh, seram ya,Moms?

Gejala yang muncul saat si kecil mengalami keracunan air adalah pusing, lesu, kebingungan, dan perubahan perilaku. Jika si kecil memiliki warna urin yang sangat bening dan mengganti pampers lebih dari 8 kali bisa menjadi salah satu gejala anak mengalami keracunan air. Selain itu juga, gejala yang muncul dapat berupa pembengkakan pada wajah, kaki dan lengan.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menyesuaikan asupan air si kecil sesuai dengan umurnya. Perlu diperhatikan juga ya Moms saat si kecil bermain di kolam renang, bisa jadi air dalam kolam renang terminum sehingga menimbulkan keracunan air. 

Baca Juga: Waduh! Studi: Orang Dewasa Bisa Tertular Corona dari Anak-anak Tanpa Gejala

 Semoga informasinya bermanfaat, ya!