Moms, apakah si kecil suka olahraga? Kebanyakan anak-anak dan remaja lebih suka menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari di depan layar tv atau handphone mereka. Padahal, kurangnya aktivitas fisik berisiko meningkatkan masalah obesitas di masa kecil, lho! Balita harus mendapatkan setidaknya 60 menit bermain aktif setiap hari dan anak-anak prasekolah harus memiliki setidaknya 120 menit.

Olahraga penting untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot serta meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, lho! Tentunya olahraga yang bisa dilakukan untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Bagi si kecil olahraga adalah bermain dan aktif secara fisik. Intinya, terdapat tiga elemen kebugaran yang harus ada ketika Si Kecil berolahraga, yakni daya tahan, kekuatan, dan fleksibilitas.

Disini Moms perlu mendorong dan mendampingi si kecil untuk aktif secara fisik. Melansir dari Halodoc, Rabu (14/9/2020) berikut 3 jenis olahraga yang aman dan baik untuk kesehatan Si Kecil.

1. Aktivitas Aerobik

Aktivitas aerobik perlu diterapkan guna mengembangkan daya tahan si kecil. Selama latihan aerobik, otot-otot besar bergerak, jantung berdetak lebih cepat, dan Si Kecil akan bernapas lebih keras. Seluruh efek tersebut berguna memperkuat jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengalirkan oksigen ke semua sel tubuh. Kegiatan aerobik dapat berupa, senam, berlari, joging, berjalan, bersepeda, berenang.

2. Latihan Kekuatan

Meningkatkan kekuatan tak harus seperti mengangkat beban, seperti halnya yang dilakukan orang dewasa. Sebagai gantinya, anak-anak dapat melakukan push-up, sit up, pull-up, dan latihan lainnya yang membantu membentuk dan memperkuat otot. Beberapa latihan kekuatan juga bisa didapat ketika si kecil memanjat, melakukan handstand, ataupun bergulat.

3. Latihan Peregangan

Baca Juga: Di Rumah Aja? Yuk, Asah Kemampuan Anak dengan Lakukan Kegiatan Ini!

Latihan peregangan bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas, memungkinkan otot dan persendian untuk menekuk dan bergerak dengan mudah. Anak-anak mendapat peluang setiap hari untuk melakukan peregangan ketika mereka meraih mainan, berlatih split, ataupun melakukan jungkir balik.