Menu

Waspada! Yuk Kenali Warna Keputihan yang Berbahaya, Jangan Disepelekan

06 Juli 2022 18:50 WIB
Waspada! Yuk Kenali Warna Keputihan yang Berbahaya, Jangan Disepelekan

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Bekasi —

Keputihan merupakan masalah yang kerap dialami wanita. Keputihan terjadi saat keluarnya cairan atau lendir dari vagina dan leher rahim. 

Namun, ada beberapa hal yang menjadikan keputihan sebagai tanda yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui warna keputihan yang kamu alami untuk mengetahui apakah itu berbahaya atau enggak. Lantas, apa warna keputihan yang berbahaya?

Menurut ahli kesehatan, keputihan sangat normal dan sehat untuk menghilangkan kulit tua dan kotoran yang menumpuk seiring waktu. Keputihan ini memiliki fungsi penting dalam menjaga miss v tetap sehat, dengan cara mengeluarkan sel-sel kulit mati dari lapisannya.

Lantas, adakah warna keputihan yang berbahaya? Untuk selengkapnya, mari simak penjelasannya di bawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber.

Warna Keputihan yang Berbahaya

Jika keputihan kamu berwarna bening hingga putih dan gak berlebihan atau berlebihan, kamu gak perlu khawatir. Keputihan yang normal dapat memiliki bau yang ringan, tetapi gak akan dianggap sebagai bau yang nggak enak atau busuk.

Keputihan juga merespons hormon kamu. Keputihan yang normal akan bervariasi, tergantung pada waktu sehubungan dengan menstruasi, ovulasi dan obat-obatan seperti pil KB atau bentuk kontrasepsi lainnya, dari cincin vagina hingga alat kontrasepsi.

Faktor-faktor di luar tubuh kamu, seperti berganti pasangan seksual atau makan berbagai jenis makanan, juga dapat memengaruhinya.

Lalu, seperti apa warna keputihan yang berbahaya atau gak normal? Keputihan yang berbahaya memiliki semburat hijau pada cairan atau pendarahan yang gak biasa. Selain itu, keputihan yang seperti ini dapat menyebabkan iritasi atau gatal-gatal, bau yang tidak sedap atau cairan yang banyak sehingga membutuhkan panty liner atau pembalut, sehingga tidak bocor melalui pakaian kamu. 

Keputihan dengan warna seperti ini bisa menjadi petanda kondisi kesehatan meliputi Infeksi ragi (kandidiasis), Vaginosis bakterial,  dan Inveksi menular seksual.

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.