Menu

Wajib Coba Kalau Berkunjung! Ini 5 Kuliner Khas Situbondo, Nomer 5 Bikin Ngiler!

07 Juli 2022 09:45 WIB
Wajib Coba Kalau Berkunjung! Ini 5 Kuliner Khas Situbondo, Nomer 5 Bikin Ngiler!

Soto Ceker Ayam (Instagram/resepdapurbundaku)

HerStory, Jakarta —

Kabupaten Situbondo yang terletak di daerah Tapal Kuda, Jawa Timur ternyata selain memiliki ragam wisata juga menarik perhatianĀ  karena kulinernya yang khas dan bisa membuat perut keroncongan lho, Beauty!

Jika kamu sedang mampir di daerah Bumi Shalawat Nariyah ini, pastikan untuk mencoba rekomendasi kuliner di Situbondo di bawah ini ya!

1. Tajin Palappa

Tajin palappa merupakan bubur yang disiram dengan bumbu kacang di atasnya. Bumbu kacangnya terdiri dari kacang tanah, petis, dan bumbu penyedap. Sementara, untuk toppingnya ada rebusan tauge, kangkung, tahu, dan hongkong (ote-ote).

Kuliner yang paling tersohor ini memiliki cita rasa gurih, asin, manis dengan aroma bumbu kacang yang kuat, semakin mantap jika disantap dengan kerupuk. Kuliner yang satu ini biasa disantap sebagai menu sarapan.

2. Nasi Karak

Nasi karak terbuat dari nasi yang dicampur bersama parutan kelapa dan garam. Menu pendampingnya ada ikan tongkol, tahu, dan tempe yang dimasak bumbu kuah merah. Menu sederhana ini sangat nikmat dan memiliki banyak penggemar.

3. Nasi Sodu

Nasi sodu merupakan kuliner khas dari Kecamatan Asembagus. Menu sarapan yang satu ini terdiri dari rebusan labu, ikan tongkol, sambal tauge muda dan timun yang disiram dengan kuah santan. Biasanya nasi sodu disajikan di atas daun pisang.

Baca Juga: Cardi B Kembali Pamer Menu Makanan Khas Indonesia, Netizen: Nama Panjangnya Cardi Badriah

Baca Juga: Gak Hanya Terasa Lezat hingga Meggoyang Lidah, 5 Makanan Indonesia Ini Ternyata Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza