Menu

7 Tanda Kehamilan yang Sering Gak Disadari, Apa Saja?

07 Juli 2022 13:05 WIB
7 Tanda Kehamilan yang Sering Gak Disadari, Apa Saja?

Illustrasi Ibu Hamil Akan Melahirkan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Salah satu tanda kehamilan yang paling sering disadari kebanyakan wanita adalah terlambatnya menstruasi. Ketika menstruasi mulai telat hingga 1-2 minggu, mungkin Moms akan berpikir apakah itu sebagai sebuah tanda kehamilan

Namun, ada kalanya hasil tes tersebut negatif. Ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti penggunaan alat yang kurang tepat, tidak sesuai petunjuk, usia kehamilan yang masih terlalu muda dan hanya menimbulkan garis dua samar, hingga perubahan hormon saja.

Meskipun demikian, ternyata ada lho tanda-tanda kehamilan lainnya yang sering terjadi namun jarang disadari oleh beberapa wanita. Apa sajakah 7 tanda hamil yang jarang diketahui? Simak penjelasan berikut!

1. Kram perut

Kram perut sekitar seminggu menjelang menstruasi kerap memang salah satu gejala PMS. Jika belum menstruasi, tanda ini mungkin saja menyamarkan kemungkinan hamil tadi.

Moms menganggap kram perut yang dialami sebagai sesuatu yang wajar sebelum menstruasi tiba. Padahal, beberapa ibu hamil kerap mengalami kram ringan pada awal kehamilan.

2. Pusing

Perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil membuat pembuluh darah di seluruh tubuh melebar. Tekanan darah juga cenderung menurun. Nggak heran kalau Moms sering merasa pusing dan sakit kepala.

Namun, bagi Moms yang punya riwayat penyakit tertentu atau kondisi fisik sedang kelelahan, tanda hamil ini bisa dianggap biasa saja. Wajar merasa pusing atau sakit kepala. Meskipun demikian, tetap perlu waspada jika gejala ini juga dibarengi dengan tanda hamil lainnya.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.