Fragrance atau pewangi seringkali ditemukan dalam produk skincare untuk memberikan aroma yang menyegarkan. Biasanya fragrance juga ditemukan pada produk seperti toner, pelembab dan krim malam.

Namun, ternyata skincare yang mengandung fragrance akan memberikan efek yang negatif pada kulit, lho! Melansir dari Nylon (16/9/2020) fragrance menjadi faktor utama kulit mengalami alergi. Terutama untuk kulit yang sensitif, fragrance pada skincare dapat lebih mudah menimbulkan alergi pada wajah.

Lalu kenapa skincare yang mengandung fragrance dapat menimbulkan alergi?

Fragrance terbuat dari essential oil dan senyawa aromatik. Selain itu juga kandungan dalam aroma pada produk skincare merupakan campuran dari minyak kelapa, liquid waxes, benzyl alcohol, camphor, ethyl acetate, liquid waxes, dan senyawa lainnya. Bahan-bahan inilah yang dapat memberikan dampak negatif untuk kulit kamu seperti munculnya alergi. Kulit wajah akan mengalami kemerahan bahkan dapat menimbulkan rasa mabuk, asma, dan sakit kepala, lho!

Enggak hanya itu, efek lain yang diakibatkan oleh penggunaan fragrance pada skincare ini juga akan mempengaruhi hormon dan mengubah mood sehingga lebih mudah merasa cemas.

Baca Juga: Bisa Jadi Masker Wajah dan Scrub, Berikut Tips Manfaatkan Strawberry Sebagai Skincare