Melakukan hubungan intim seharusnya menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan untukmu dan suami. Momen ini bisa membuat hubungan suami dan istri semakin dekat dan intim. Sayangnya, tak semua pasangan bisa merasakan kenikmatan bercinta tersebut.

Ketika menginjak usia 30 tahun, libido pria dan wanita bisa menurun seiring bertambahnya usia, aktivitas, dan pola hidup. Selain itu ada pula beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pasangan sehingga hubungan seks menjadi tak bergairah.

Melansir dari womantalk, Rabu (16/9/2020) Sebelum terlambat, kenali beberapa kesalahan saat bercinta yang kerap terjadi pada pasangan yang memasuki usia 30-an. Apa saja itu?

1. Mempercepat permainan

Semakin bertambah usia, momen berhubungan seks bisa semakin berkurang. Namun, hal yang paling berbahaya adalah menjadikan momen bercinta sebagai bagian rutinitas, sehingga jarang memakai foreplay dan basa-basi gombal. Ini terjadi karena kamu dan pasangan ingin mempercepat permainan. Padahal, di usia 30 tahun merupakan waktu yang bisa digunakan untuk menjaga gairah seks agar tetap fantastis dan bergelora. Untuk itulah, kamu dan pasangan perlu membuat jadwal bercinta supaya bisa sama-sama menikmati momen berhubungan seks bersama. 

2. Ketakutan tak lagi merasa bergairah

Stres akibat pekerjaan bisa membuat gairah seks semakin menurun. Bahkan, ketakutan saat kamu tak bisa memuaskan pasangan di ranjang justru bisa membuatmu kehilangan gairah. Untuk mengakali gairah yang suka naik turun, coba bicarakan tentang seks dan menghidupkan fantasi seks dengan pasangan. Selain itu, kamu juga bisa mengakalinya dengan menjadikan seks sebagai rutinitas, misalnya 1-2 kali seminggu.

3. Seks dianggap sebagai hal serius

Memang, berhubungan seks merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para pasangan suami istri. Kadang, masalah seks bisa memicu pertengkaran sehingga menurunkan gairah bercinta. Sebelum terlambat, coba lakukan seks dengan rileks, tenang, dan santai, sambil bercanda tawa ria dengan pasangan. Jangan takut untuk mengungkapkan fantasi seks pada pasangan dan jangan melakukan seks karena terpaksa. 

4. Memiliki ekspektasi yang berlebihan

Dalam hubungan asmara, kita sering memiliki ekspekatasi pada pasangan, termasuk dalam urusan di ranjang. Namun, jangan sampai ekspektasi ini jadi berlebihan, seperti berharap pasangan bercinta layaknya aktor di dalam film. Hubungan seks di dunia nyata benar-benar berbeda seperti yang ada di film. Ekspektasi berlebihan justru tak bisa memberikan kepuasan yang maksimal. Lebih baik ungkapkan secara terbuka apa yang kamu inginkan dan nikmati setiap momen bercinta dengan pasangan. 

5. Terlalu fokus pada orgasme

Baca Juga: Kerap Terjadi pada Pasangan Suami Istri, Simak 5 Keluhan Saat Bercinta dan Cara Mengatasinya

Hubungan seks tak selalu berakhir pada orgasme. Banyak pasangan yang terlalu fokus pada orgasme, yang sering dilakukan saat penetrasi. Padahal, seks bisa dinikmati dengan berbagai cara, misalnya masturbasi bersama pasangan, berpelukan sepanjang hari tanpa busana, atau sekedar bermesra-mesraan dengan ciuman. Jadi, nikmati setiap momen bersama pasangan supaya kamu pun bisa menikmati hubungan seks dengannya.