Melonjaknya COVID-19 di Indonesia membuat segala aktivitas dilakukan di rumah. Apalagi sudah diterapkannya PSSB ini akan semakin sulit untuk bepergian. Selain itu juga, demi kesehatan si kecil lebih disarankan untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Namun, seringkali si kecil merasa bosan melakukan aktivitas yang monoton di rumah aja. Apalagi jika anak sedang dalam masa untuk bereksplorasi dan mengembangkan kemampuannya.

Moms, meskipun di rumah aja orang tua juga bisa mengasah kemampuan anak, lho! Melansir dari Theasianparents.com (17/9/2020), ini dia aktivitas yang bisa dilakukan si kecil untuk mengembangkan kemampuannya meskipun di rumah saja. Yuk disimak!

1. Bermain dengan emoji

Cara ini bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan si kecil dalam bersosialisasi. Cara bermainnya pun sangat mudah. Moms bisa menggambar beberapa emoji di kertas dan dibantu oleh si kecil. Setelah semua emoji selesai, barulah permainan bisa dimulai!

Moms, bisa memberikan pertanyaan kepada si kecil, misalnya “Aku mendapatkan sepatu baru dari Ibu, aku akan merasa…” Si kecil bisa memberikan emoji yang sesuai dengan situasi tersebut seperti emoji senang.

2.Bermain koleksi warna

Permainan ini dapat membantu anak mengenai jenis-jenis warna dan benda-benda yang ada di sekitarnya. Cara bermainnya juga cukup mudah yaitu dengan memberikan instruksi pada si kecil untuk mengumpulkan benda-benda yang ada di dalam rumah, tetapi dengan warna yang sama. Berikan batas waktu untuk si kecil mencari barang. Moms, juga bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk ikut bermain agar dapat mengasah sikap kompetitif anak.

3.Membuat buku cerita

Aktivitas ini dapat meningkatkan kreativitas anak. Caranya juga sangat mudah. Kumpulkan foto-foto si kecil yang Moms miliki, lalu tempelkan pada buku. Setiap foto-foto diberikan caption yang sesuai dengan apa yang si kecil rasakan dalam foto tersebut. Jika si kecil masih belum bisa menulis, biarkan dia bercerita lalu Moms menulisnya dalam buku tersebut.

Baca Juga: Ternyata Tipe Kecerdasan Anak Ada Berbagai Macam, Lho! Si Kecil Masuk yang Mana, Moms?

Nah, Moms, itu dia aktivitas yang bisa dilakukan oleh si kecil untuk mengasah kemampuannya meskipun di rumah saja. Tetap perhatikan kesehatan dan jaga jarak ya, Moms!