Moms, seringkali disaat mengonsumsi makanan yang tidak dikunyah dengan benar mengakibatkan tersedak. Itu menjadi kejadian yang sangat enggak enak kan? 

Terutama saat terjadi pada si kecil yang terkadang membuat orang tua bingung bagaimana menanganinya. Meskipun, insiden tersedak ini sering dialami dan enggak terlalu memberikan efek yang berlebihan, nyatanya sangat berbahaya lho, Moms! Tersedak disebabkan oleh tersumbatnya batang tenggorokan oleh benda asing seperti makanan, mainan dan lainnya. Hal ini bisa menyebabkan kesulitan bicara hingga kekurangan oksigen. Waduh, bahaya ya Moms! 

Melansir dari beberapa sumber, ini dia cara tepat menangani si kecil yang tersedak. Yuk disimak!

1.Periksa mulutnya

Saat si kecil tersedak hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah melihat ke dalam mulutnya apakah ada benda asing di dalam mulutnya. Jika terlihat, segera paksakan jari masuk ke dalam mulut si kecil agar benda tersebut tidak semakin masuk ke dalam tenggorokan. Namun, jangan sampai membuat benda tersebut semakin masuk ke dalam tenggorokan si kecil, ya!

2. Jangan beri minuman

Jika si kecil batuk-batuk karena tersedak jangan langsung memberinya makanan dan minuman.Berikan waktu untuk si kecil bernafas secara teratur barulah berikan minum.

3. Manuver heimlich

Jika anak tersedak, bisa menggunakan cara ini agar benda asing tersebut dapat keluar. Moms dapat berdiri di belakang anak, letakkan lengan di bawah lengan si kecil hingga melingkar pinggangnya. Kemudian kepalkan tangan tepat di antara pusar dan tulang dada si kecil lalu angkat si kecil ke atas dan ke belakang tubuh sebanyak 5 kali.

4. Manuver back blow

Cara lain yang juga bisa Moms lakukan untuk menolong si kecil adalah dengan melakukan manuver back blow. Moms harus menengkurapkan si kecil pada tangan,topang leher, dan dagunya dengan telapak jari. Pastikan posisi kepala lebih rendah dari dadanya. Kemudian, cobalah menekan punggung si kecil dengan telapak tangan sebanyak 5 kali.

Nah, itu dia Moms yang bisa dilakukan jika si kecil tersedak benda asing. Semoga bermanfaat!