Berendam di dalam bathup atau bak mandi adalah pilihan alternatif yang tepat untuk menghilangkan rasa penat. Biar tambah relaks, kamu bisa menambahkan gelembung sabun, lilin-lilin cantik, atau bahkan alunan musik yang bisa bikin kamu tenang.

Mengutip dari laman Womens Health Mag, Senin (24/2/2020), Dokter Kulit Schlessinger, MD, mengatakan, mandi dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan melemaskan otot-otot yang tegang. Hal ini bisa membantu mendpatkan kualitas tidur yang lebih baik dan tubuh lebih sehat.

Kalau biasanya dengan berendam tubuhmu akan merasa rileks, kamu juga dapat memetik manfaat lain kalau berendam dengan campuran bahan alami lho! Campuran bahan alami ini dapat pula menjaga kesehatan dan membantu peremajaan kulit Beauty! 

Penasaran enggak sih bahan alami apa saja yang bisa kamu gunakan saat berendam? Yuk simak ulasan berikut!

Oatmeal

Beauty, pasti kamu sudah tahu kan kalau oatmeal itu baik untuk kesehatan? Selain bisa dimakan, oatmeal juga bisa dijadikan campuran bahan alami untuk berendam lho! Oatmeal membantu meringankan kulit kering, ruam, kulit yang terbakar, hingga iritasi kulit lainnya.

Kamu bisa mencampurkan 1-2 cangkir oatmeal mentah dan madu ke dalam air panas. Diamkan selama lima menit, lalu tambahkan dengan air dingin dan kamu sudah bisa berendam!

Madu

Madu dipercaya dapat membantu mencegah infeksi pada kulit. Selain itu, di  dalamnya juga kaya akan polifenol sebagai antioksidan alami yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta tanda penuaan pada kulit.

Untuk merasakan khasiatnya, gampang banget kok! Kamu bisa menambah dua sendok manakan madu alami ke dalam bak mandi, biarkan selama 15 menit agar larut.

Kemudian, tambahkan soda kue dan diamkan selama 15 menit. Hal ini dapat membersihkan sel-sel kulit mati pada tubuh yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Lavender

Aroma lavender emang bikin santai! Kalau kamu ingin berendam dengan suanasa santai, campurkan beberapa tetes minyak essensial lavender ke dalamnya. Lavender dipercaya dapat mengobati jerawat, gatal, dan iritasi karena berfungsi untuk membersihkan dan mendetoksifikasi kulit. 

Minyak Kelapa

Minyak ajaib yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Enggak cuma membuat kulit lebih lembut dan kenyal, tapi minyak kelapa juga kaya akan kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya. Yang mana membuat kulit tetap halus dan juga lembab.

Kandungan vitamin E pada minyak kelapa juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan pda kulit. Protein di dalamnya juga dapat memperbaiki dan menjaga kulit agar tetatp lebih kencang dan awet muda.

Sebelum berendam, kamu bisa mencampurkan satu sendok minyak kelapa ke dalam mandi. Atau mungkin kamu bisa menjadikannya sebagai scrub kulit dengan mencampurkan setengah cangkir minyak kelapa dan juga gula. 

Bunga Mawar

Selain sensasi berendammu lebih romantis, bunga mawar dipercaya dapat menyegarkan serta melembabkan kulit dan melawan jerawat atau kemerahan yang mungkin terjadi pada kulit.

Kamu bisa menambahkan empat hingga enam tetes minyak essensial mawar dengan satu setengah cangkir susu bubuk, setengah cangkir garam Epsom, seperempat cangkir mawar kering. Campurkan semuanya ke dalam bak mandi berisi air hangat dan rasakan sensasi relaksasinya!

Let's try it Beauty!