Menu

Ikuti Syariat! Inilah Tips Mengatur Keuangan Menurut Islam!

18 September 2020 09:35 WIB
Ikuti Syariat! Inilah Tips Mengatur Keuangan Menurut Islam!

Uang (Unsplash/Viacheslav Bublyk)

HerStory, Jakarta —

Working Moms, bagi seorang muslim, seluruh aspek kehidupan dijalankan sesuai dengan ajaran dan syariat Islam. Termasuk cara mengatur keuangan. Dilansir dari beberapa sumber, tips ini baik untuk Moms mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Moms harus fokus dan teliti terhadap keuangan, gunanya ialah untuk meminimalisir adanya masalah keuangan di masa mendatang. Penasaran gimana cara mengelola keuangannya, Moms? Simak tips yang mudah banget ini, ya!

1. Strategi 1-1-1

Formula 1-1-1 ialah rumusan mengatur keuangan dari sahabat Nabi, Salman Al Farisi.

Dalam sebuah riwayat, beliau memiliki uang sebanyak satu dirham untuk digunakan sebagai modal membuat anyaman. Setelah itu anyaman tersebut terjual seharga tiga dirham.

Pendapatan ini ia bagi menjadi satu dirham untuk keperluan keluarga, satu dirham untuk sedekah, dan sisanya satu dirham digunakan sebagai modal kembali.

Maksud konsep ini ialah Moms bisa mengatur keuangan dengan membaginya dalam 3 bagian tadi, modal, sedekah dan kebutuhan keluarga.

2. Selalu siapkan modal

Enggak cuma sebagai biaya transportasi dan konsumsi untuk bekerja, sisakan bagian modal sebagai tabungan usaha. Islam menganjurkan banget umatnya untuk berdagang dalam mencari nafkah.

Makanya, meski saat ini Moms belum memiliki usaha, siapkanlah modal untuk rencana bisnis di masa depan. Moms bisa juga gunakan dana ini untuk modal investasi, salah satunya investasi emas Antam.

3. Jangan boros

“dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27)

Itulah arti dari penggalan ayat dalam Al Qur’an. Sikap boros sama sekali nggak dianjurkan dalam segala hal, begitu pula terkait pengaturan keuangan.

Islam melarang seseorang untuk berbelanja yang nggak dibutuhkan, karena bisa menimbulkan sifat konsumtif dalam diri.

Kalau sudah terbiasa konsumtif, Moms bakal mulai merasa nggak puas dan selalu menginginkan lebih. Parahnya, bisa jadi rumah tangga Moms hidup dari gaji ke gaji. Ini sama saja nggak ada tabungan yang dapat diandalkan, setiap bulan penghasilan selalu habis tanpa sisa.

4. Buatlah skala prioritas

Belilah segala kebutuhan sesuai dengan kadarnya, nggak kurang dan nggak lebih. Jangan sampai membeli sesuatu yang nggak diperlukan.

Contohnya, handphone yang Moms miliki masih berfungsi dengan baik namun sudah menggantinya dengan tipe terbaru. Itu termasuk pemborosan, Moms.

Ingatlah bahwa teknologi akan dan terus berkembang. Kalau Moms bersikeras selalu mengikuti tren terbaru, nggak akan ada akhirnya.

5. Segera lunasi utang

“Barangsiapa utang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu; tetapi barangsiapa mengambilnya dengan Niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia.” (Riwayat Bukhari)

Utang memang kadang kala menjadi penyelamat finansial di saat darurat. Kendati demikian, jangan membiasakan diri untuk berutang kalau nggak benar-benar membutuhkan. Contohnya berutang karena ingin membeli baju baru.

Jangan sampai juga berutang karena Moms gemar berkumpul dengan teman-teman di restoran mahal. Kalau terpaksa berhutang kepada seseorang, contohnya untuk biaya pendidikan anak, segeralah lunasi. Hal ini karena dalam Islam, perihal utang menyangkut perkara dunia dan akhirat.

Nah, itulah 5 hal yang bisa Moms lakukan untuk mengatur keuangan yang sesuai dengan syariat Islam. Ingatlah untuk selalu mengejar berkah dari rezeki yang Moms dan keluarga miliki. Jangan lupa juga untuk bersedekah, sebab sebagian harta kita adalah milik mereka yang membutuhkan, Moms.

Baca Juga: 2023 Full Senyum! Ini 3 Zodiak yang Bisa Bayar Utang dengan Kontan, Rezekinya Seabrek!

Baca Juga: Calon Orang Kaya, 3 Zodiak Ini Jago Banget Cari Duit, Kantong Auto Tebal!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.