Menu

Duh Serem... Ini Tanda Kalau Kulitmu Rusak Gegara Kosmetik dengan Merkuri! Segera Setop Ya!

15 Juli 2022 12:25 WIB
Duh Serem... Ini Tanda Kalau Kulitmu Rusak Gegara Kosmetik dengan Merkuri! Segera Setop Ya!

Ilustrasi wanita dengan kulit berjerawat yang bingung memilih kosmetik. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kini, penggunaan kosmetik bermerkuri sudah dilarang oleh undang-undang karena dipercaya dapat membahayakan kesehatan. Namun hingga kini, masih banyak sekali produsen yang mengedarkan kosmetik dengan kandungan merkuri karena harganya murah dan bisa memberikan perubahan signifikan pada wajah.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Listya Paramita, Sp.KK mengatakan jika menggunakan kosmetik bermerkuri, kerusakan kulit yang muncul bisa saja tersamarkan.

"Tanda-tanda yang muncul tidaklah spesifik namun terkadang tanda-tanda kerusakan itu kerap diabaikan dan dianggap sebagai “proses wajar” atau proses yang perlu dilalui konsumen menuju perubahan ke kulit putih," ujar dokter lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM), dikutip dari ANTARA.

Adapun reaksi yang mungkin muncul antara lain kulit kering, kasar, kelupas, kemerahan, rasa terbakar, kadang gatal, kadang panas, serta jauh lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

“Mereka (konsumen) mengerti ada tanda-tanda yang tidak beres. Tapi ketika ditanyakan ke penjualnya, dijawab dengan, ‘Tidak apa-apa, proses untuk jadi putih harus melalui seperti itu dulu’,” kata Listya.

Baca Juga: Alergi Kosmetik? Tenang, Beauty! Atasi dengan Cara Ini!

Baca Juga: Berhenti Pakai Lipstik Kalau Alami Hal Ini, Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.