Menu

Moms Mesti Tahu! 4 Dampak Sering Kasar dan Membentak Anak, Nomer 3 Serem Banget!

18 Juli 2022 08:45 WIB
Moms Mesti Tahu! 4 Dampak Sering Kasar dan Membentak Anak, Nomer 3 Serem Banget!

Ilustrasi ibu memarahi anak (Howcast/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak semudah yang dipikirkan, banyak sekali hal yang harus ditanggung ketika menjadi orang tua lho Moms. Mulai dari pendidikan anak, memikirkan pola asuh yang baik, merawat anak, belum lagi melengkapi kebutuhan sehari-hari keluarga dan pastinya anggaran akan semakin membengkak seiring berjalannya waktu.

Mungkin kalau anak kamu masih bayi, kamu masih bisa mengontrol emosi karena seorang belum bisa memberontak atau belum bisa meminta. Namun, ketika anak sudah memasuki tiga tahun keatas, anak akan semakin bisa menuntut apa yang ia mau kepada orangtuanya.

Karena bertumpuknya beban dan anak yang semakin mengetahui apa yang ia inginkan, hal itu bisa membuat orang tua salah dalam mengasuh anak. Kurangnya ilmu parenting menjadi salah satu faktor sering membentak anak juga. Oleh karena itu seorang orang tua harus tahu apa saja akibat sering membentak anak.

Berikut 4 akibat sering membentak anak. Simak baik-baik artikel ini, ya Moms!

1. Anak menjadi agresif

Akibat yang paling fatal jika sering membentak anak ialah perilaku anak bisa menjadi agresif. Hal itu terjadi karena ia melampiaskan emosinya karena sering dibentak. Bukan hanya ke orangtuanya, perilaku agresif itu bahkan bisa ia lakukan kepada teman-temannya, seperti menggigit, mendorong, dan lainnya.

2. Anak menjadi penakut

Kalau tak berperilaku agresif, anak bisa menjadi pribadi yang penakut. Hal itu terjadi karena adanya ancaman-ancaman saat kamu membentak anakmu. Karena memori saat kamu membentaknya akan tetap tersimpan di otaknya dan menjadi sebuah ketakutan yang bisa membuat anak sulit untuk berkembang.

Baca Juga: Perlu Waspada! Ternyata Ini Tanda Pola Asuh yang Salah Pada Anak

Baca Juga: Waduh! Bikin Penat, 8 Tips Penting Supaya Nggak Membandingkan Diri dengan Pengasuhan Anak Lain, Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.