Menu

Setop dari Sekarang! Ini Dampak Toxic Parenting dan Terlalu Ngekang Anak, Tiati Bisa Terbawa Hingga Dewasa Lho!

18 Juli 2022 11:25 WIB
Setop dari Sekarang! Ini Dampak Toxic Parenting dan Terlalu Ngekang Anak, Tiati Bisa Terbawa Hingga Dewasa Lho!

Illustrasi orang tua menerapkan toxic masculinity (Bearfotos)

HerStory, Jakarta —

Ternyata, menurut psikolog, dampak pola asuh yang toxic bisa memiliki pengaruh terhadap anak hingga mereka dewasa lho Moms. Maka dari itu, orangtua harus lebih bijak lagi untuk memilih dan menetapkan pola asuh demi kelangsungan hidup si kecil yang lebih baik kedepannya.

Salah satunya, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang tak percaya diri, membuatnya bisa kehilangan kesempatan di masa d pean.

“Toxic parenting itu seperti orangtua yang lebih banyak memberikan tekanan kepada anak agar mau mengikuti apa yang diinginkan atau apa yang dikatakannya. Karena menurut mereka (orangtua) itu yang paling baik menentukan untuk anaknya,” kata Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Dr. Rose Mini Agoes Salim.

Ia menjelaskan, renggangnya hubungan akibat toxic parenting disebabkan sikap orangtua yang agresif, menekan, dan seolah paling mengerti atas anaknya. Namun hal itu justru membuat sang buah hati menjadi cemas, takut dan tak percaya diri karena khawatir akan membuat kesalahan saat melakukan sebuah tindakan.

“Jadi sebetulnya kontrol begitu kuat terhadap apa yang dilakukan anak dan orangtua seolah-olah hanya memikirkan yang terbaik dari sisinya, bukan dari sisi anak. Sehingga anak tidak pernah bisa menjadi dirinya sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa anak yang mengalami toxic parenting berpotensi menjadi pribadi yang tak percaya diri dan penakut. Anak tersebut juga tak mengetahui bahwa mereka memiliki potensi yang tersimpan di dalam dirinya. Ketika sang anak dewasa, hal itu akan berdampak pada ketakmampuan untuk bertanggung jawab terhadap apa yang dipilih atau ditekuni, karena terbiasa diarahkan dan diatur secara agresif oleh orangtua.

Baca Juga: Gawat! Bayi Sering Dicium Rentan Terkena Infeksi, Bunda Harus Waspada!

Baca Juga: Salut! 6 Selebritis Hollywood Ini Membagikan Momen Menyusui Anaknya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.