Menu

Jangan Kaget Moms! Ini 3 Perubahan pada Miss V Setelah Persalinan Normal

19 Juli 2022 18:50 WIB
Jangan Kaget Moms! Ini 3 Perubahan pada Miss V Setelah Persalinan Normal

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, setelah melakukan persalinan normal, miss V akan mengalami perubahan. Jadi jangan kaget ya kalau tiba-tiba kondisi miss V tak sama dengan sebelum melahirkan. 

Kira-kira apa saja perubahan miss V setelah melahirkan? Berikut ulasannya seperti yang HerStory kutip dari Hello Sehat, Selasa (19/7/2022).

1. Miss V kendur

Moms, miss V adalah organ yang sangat elastis dan dapat meregang hingga 10 sentimeter (cm) untuk memungkinkan kelahiran bayi. Setelah proses melahirkan selesai, miss V akan kembali ke ukuran semula seperti sebelum melahirkan.

Miss V di kelilingi oleh otot yang ikut meregang selama masa kehamilan hingga persalinan. Atas dasar inilah ukuran miss V mungkin nggak benar-benar kembali sama persis seperti sebelum melahirkan.

Dengan kata lain, salah satu perubahan Miss V yang nampak setelah melahirkan yakni ukurannya yang agak lebih mengendur. Melansir dari NHS, vagina biasanya terlihat lebih kendur dan “lowong” ketimbang sebelum melahirkan.

2. Miss V kering

Berikutnya, Miss V akan terasa kering dan kesat setelah melahirkan. Ini adalah hal yang normal. Kondisi ini terjadi karena dinding Miss V biasa dilumasi oleh cairan yang dipengaruhi oleh hormon estrogen.

Itu sebabnya, Miss V akan kering usai melahirkan karena Miss V lebih kering dan agak tidak nyaman saat berhubungan seks setelah melahirkan.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.