Setelah jalani akivitas seharian, istirahat tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu waktu istirahat yang penting dilakukan adalah tidur malam. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kualitas tidur malam yang baik agar tubuh bisa istirahat secara maksimal dan bisa kembali beraktivitas esok hari.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang sebaiknya harus dihindari sebelum kamu beranjak ke kasur. Salah satunya adalah cokelat.

Ya, mengonsumsi cokelat sebelum tidur bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam dan tak merasa ngantuk. Itu disebabkan karena cokelat mengandung kafein. Namun, kandungan kafein di cokelat sangat bervariasi tergantung jenisnya.

Sebatang coklat susu Hershey seberat 1,5 ons, misalnya, mengandung sembilan miligram, sekitar tiga kali lebih banyak kafein daripada secangkir kopi tanpa kafein. Dengan kata lain, mengonsumsi cokelat di malam hari sebelum tidur bisa membuatmu melek sepanjang malam.

Baca Juga: Waspada, Jangan Kurang Tidur! Penyakit Ini Mengintai Kesehatanmu...

Dan coklat memiliki stimulan lain, salah satunya adalah theobromine. Senyawa ini yang membuat cokelat berbahaya karena membuat memetabolisme menjadi sangat lambat. Theobromine juga dapat meningkatkan detak jantung dan menyebabkan sulit tidur, ditemukan dalam jumlah kecil dalam coklat, terutama yang berwarna gelap. National Sleep Foundation merekomendasikan untuk menghindari cokelat serta kopi, teh, dan minuman ringan sebelum tidur.