Menu

Dunia Perfilman Indonesia Berkembang Pesat, Riset: Gen Z Nonton Film Nasional Sebulan 5 kali!

25 Februari 2020 16:00 WIB
Dunia Perfilman Indonesia Berkembang Pesat, Riset: Gen Z Nonton Film Nasional Sebulan 5 kali!

Head of Offline Payment GoPay, Ardelia Apti dan Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol. (GoPay)

HerStory, Jakarta —

Beberapa tahun belakangan, dunia perfilman di Indonesia sangat berkembang pesat. Tentunya sebagai masyarakat awam kita juga bisa merasakannya, banyak sekali sineas berbakat yang mengeluarkan film dengan genre yang beragam.

Tak heran jika sepanjang tahun 2018 penonton film nasional di seluruh jaringan bioskop di Indonesia tercatat mencapai 52 juta penonton. Dari sebanyak itu, yang paling berpotensi sebagai penonton film nasional adalah generasi junior milenial dan generasi Z.

Ternyata hal itu dibuktikan oleh Data dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Pada tahun 2019, data menunjukkan bajwa 64% generasi junior milenial yang berusia 23-30 tahun dan 81% generasi Z yang berusia 15-23 tahun di Indonesia menonton film nasional.

Baca Juga: Gak Usah Repot Bawa Dompet, Kini Nonton di Cinema XXI Bisa Pakai GoPay!

"Jadi memang 3 tahun belakangan itu penonton film Indonesia itu semakin baik. Dari sisi genrenya juga sudah mulai lebih banyak, tadinya hanya horror aja sekarang ada yang lebih komedi romantis tapi yang membangun diri juga," ujar Dewinta Hutagaol selaku Head Of Corporate Communitacions & Brand Management Cinema XXI pada acara konferensi pers kerjasama GoPay dan Cinema XXI, Selasa (25/2/2020).

Selain itu, Dewinta juga mengatakan bahwa ketika film Indonesia meningkat, tentunya industri kreatif di Indonesia juga turut meningkat.

"Menurut data dari SMRC, 81% gen z itu menonton film Indonesia, 64% junior milenials nonton film Indonesia, kalau ketika digali lagi lebih dalam, 45i mereka yang terlibat dari penelitian itu menonton film Indonesia 5 kali dalam sebulan. Jadi itu merupakan satu triger yang sangat luar biasa, dan ketika adik-adik gen z dan junior milenials inikan sobat cuan dan sobat diskon kan, nah itulah salah satu kenapa kita barengan sama gopay, kita mau bergandengan tangan yang banyak manfaatnya," tutupnya.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana