Menu

Beauty Sering Alami Telapak Kaki Gatal? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini Lho, Jangan Diabaikan!

21 Juli 2022 18:40 WIB
Beauty Sering Alami Telapak Kaki Gatal? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini Lho, Jangan Diabaikan!

Telapak kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty pasti sering merasa gatal-gatal di tubuh. Entah karena gigitan nyamuk kulit kering atau lainnya. Namun, gatal di area tubuh tertentu bisa jadi suatu penyakit serius lho. Misalnya Beauty merasa gatak di telapak kaki.

Gatal menjadi salah satu gejala penyakit hati kronis, meskipun nggak semua orang dengan penyakit hati mengembangkan kondisi ini. Sebelum penyakit berkembang, kaki Beauty bisa memberikan petunjuk bahwa organ tersebut tak berfungsi dengan baik.

Bahkan, Beauty bisa mengalami gatal-gatal pada telapak kaki sejak dini sebelum sadar sedang menderita penyakit hati. Telapak kaki gatal ini bukan menggambarkan tingkat keparahan penyakit hati, perkembangan atau prognosis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health telah menyelidiki tentang penyakit hati kronis. Penelitian tersebut menemukan bahwa pruritus atau gatal-gatal merupakan salah satu gejala yang ditemui pada penderita penyakit hati kronis.

Meskipun pruritus (istilah medis pada rasa gatal yang menimbulkan keinginan untuk menggaruk) mungkin tak secara langsung terkait dengan prognosis penyakit hati, tinjauan sistematis baru-baru ini menunjukkan bahwa pruritus berdampak pada kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan pasien dengan penyakit hati kolestatik.

"Pruritus mungkin merupakan indikasi untuk transplantasi hati bahkan tanpa adanya gagal hati," kata peneliti dikutip dari Mirror UK.

Baca Juga: Jangan Digaruk Ya! Ini 3 Obat Gatal Alami yang gak Timbulkan Efek Samping, Nomor 1 Dikenal Ampuh Banget!

Baca Juga: Mengandung Antiinflamasi, Bisakah Garam Redakan Gatal dan Ruam Kemerahan di Kulit? Simak Penjelasannya Yuk Moms...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan