Menu

Dukung Kesetaraan Gender, Ini ‘Rahasia’ Sukses Tina Lusiana, Vice President IT Business Intelligence and Analytics Telkomsel

21 Juli 2022 19:00 WIB
Dukung Kesetaraan Gender, Ini ‘Rahasia’ Sukses Tina Lusiana, Vice President IT Business Intelligence and Analytics Telkomsel

Tina Lusiana, Vice President IT Business Intelligence and Analytics Telkomsel. (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini banyak ditemui Kartini hebat yang bekerja keluar dari zonanya, seperti di bidang Information technology (IT) yang lekat dengan kaum Adam. Nah, meski industri IT mungkin didominasi oleh pria dalam hal jumlah, tetapi nyatanya ada banyak wanita Indonesia yang brilian dalam posisi kepemimpinan yang mampu mengubah pakem. Salah satunya adalah Tina Lusiana.

Saat ini, Tina menjabat sebagai Vice President IT Business Intelligence and Analytics di salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Diakuinya, berada di industri yang didominasi pria ini menjadi challenge tersendiri bagi Tina. Namun, 15 tahun berkarir sebagai IT di Telkomsel, Tina menjadi saksi semakin meningkatnya awareness terkait pentingnya diversity dan inclusion dalam peningkatan performance, profitability dan inovasi di Telkomsel. 

“Dengan semangat untuk terus improve, saya meyakini bahwa baik wanita dan pria pada dasarnya diciptakan dengan kemampuan yang sama, dan tidak ada perbedaan yang fundamental dalam attitude dan skill,tutur Tina, kepada HerStory, Rabu (20/7/2022).

Menurut Tina, selain menciptakan lingkungan kerja yang setara, Telkomsel juga turut berperan dalam memberdayakan wanita di seluruh ekosistemnya. Dan, selama mengemban tugasnya sebagai leader wanita di Telkomsel, Tina pun mengaku mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam memimpin.  

Tina lantas mengatakan bahwa ‘rahasia’ untuk menjadi pemimpin wanita di era digital ini, salah satu yang harus dilakukan adalah terus mengadvokasi diversity dan inclusion termasuk ke dalam timnya. 

“Bagi saya, sebagai seorang leader kita harus setting high standard for quality untuk menjadi inspirasi bersama dengan tim. Kemudian, share the purpose dari apa yang sedang dilakukan, agar setiap tim enjoy dengan proses yang dikerjakan dan mereka own the success. Kita juga harus leading with humility dan consistently creating new leaders, dengan berusaha lead by example,” papar Tina.

Baca Juga: Almiranti Fira, CEO & Co-Founder Aeluna: Merangkul Ketidaksempurnaan dan Mendorong Kecantikan Autentik Wanita Lewat Brand Kecantikan

Baca Juga: Jadi Executive VP Consumer Goods and Lifestyle Blibli, Ini Gebrakan Fransisca Krisantia Wujudkan Lingkungan Kerja Setara dan Inklusif

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.