Menu

Minat Baca Indonesia Rendah, McDonald’s Luncurkan Kampanye Inspirasi Literasi, Seperti Apa?

25 Juli 2022 10:30 WIB
Minat Baca Indonesia Rendah, McDonald’s Luncurkan Kampanye Inspirasi Literasi, Seperti Apa?

Konferensi Pers Inspirasi Literasi McD. (Tasha Rainita/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Berdasarkan riset survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah. 

Kondisi ini cukup memprihatinkan karena literasi merupakan dasar untuk membentuk generasi masa depan yang unggul. Untuk itu, diperlukan konsistensi serta keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia. 

Atas dasar inilah McDonald’s sebagai brand restoran yang dekat dan peduli terhadap anak, berkomitmen untuk mendukung perkembangan literasi anak Indonesia. 

Maka dari itu, bertepatan dengan momen Hari Anak Indonesia yang jatuh pada 23 Juli 2022, McDonald’s meluncurkan kampanye Inspirasi Literasi McD dengan menghadirkan berbagai inisiatif seperti penggalangan donasi buku bacaan anak, renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM) dan pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud. 

"Kami sadar untuk dapat meningkatkan literasi anak Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri dan dalam waktu yang singkat. Sehingga, McDonald’s Indonesia mengadakan berbagai program berkelanjutan dengan melibatkan berbagai pihak yang kredibel di bidangnya,  termasuk guru dan orang tua demi mencapai tujuan tersebut," kata Sutji Lantyka selaku Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia pada Jumat (22/7/2022).

Kali ini, McDonald’s Indonesia bekerjasama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM) untuk mengadakan kegiatan literasi yang ditujukan bagi anak dan orang tua.

Salah satu faktor yang disebut menjadi penyebab rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia, yakni kurangnya bahan bacaan dan praktik. Hal ini diperkuat oleh pernyataan dari Heri Djuhaeri selaku Ketua Bidang Infokom dan Litbang Forum TBM (Forum TBM).

"Ragam buku bacaan anak yang kurang variatif merupakan salah satu faktor penyebab jumlah kehadiran anak semakin berkurang di Taman Baca. Selain itu, fasilitas yang kurang memadai seperti kondisi bangunan yang rusak, minimnya ventilasi udara, hingga kurangnya alat peraga, juga merupakan faktor pendukung yang krusial untuk membangun ketertarikan anak dalam membaca buku di Taman Baca," ujar Heri.

Untuk menjawab hal tersebut, McDonald’s, bersama dengan Forum TBM sebagai rekanan yang memiliki visi dan misi sama dalam meningkatkan literasi anak bangsa, mengadakan kegiatan donasi buku anak yang sudah berjalan sejak Mei 2022. 

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, McDonald’s Indonesia Hadirkan Kembali Menu ‘Ini Rasa Kita’, Mana Favorit Kamu Beauty?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita