Menyebarnya virus Covid-19 tentu memberikan rasa kekhawatiran. Terutama bagi ibu yang sedang mengandung. Sebuah studi baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan bahwa ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi prematur.

Kelahiran prematur sendiri merupakan kelahiran yang dini dan biasanya terjadi sebelum minggu ke 37 atau 9 bulan. Kelahiran prematur ini tentu sangat bahaya jika terjadi. Bayi yang lahir prematur berisiko memberikan komplikasi pada bayi seperti organ yang belum sempurna dan peningkatan berat badan yang cenderung lambat.

Penelitian yang dilakukan oleh CDC dengan menyertakan 598 ibu hamil yang postif covid-19 dan di rawat di rumah sakit antara 1 Maret hingga 22 Agustus di 13 bagian negara AS.

Ibu hamil yang positif Covid-19 di Amerika Serikat membutuhkan perawatan yang intensif. Data dari penelitian CDC mengatakan bahwa 8 persen ibu hamil membutuhkan ventilator. Risiko lainnya yang dapat dialami adalah kehilangan nyawa baik nyawa bayi dan ibunya.

Penelitian yang dilakukan oleh CDC mengatakan bahwa 12 persen ibu hamil yang terinfeksi covid-19 melahirkan secara prematur. Diketahui bahwa angka ini lebih tinggi dibandingkan kelahiran prematur di Amerika Serikat pada 2018 dengan rata-rata 10 persen. Penelitian lain juga menemukan bahwa sebanyak 23 persen ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 bergejala mengalami kelahiran prematur. 

Melihat tingginya angka kelahiran prematur, peneliti menyarankan pihak medis untuk menangani dengan intensif terlebih lagi karena risiko kematian sangat tinggi.

Memang pada mulanya virus corona ini disebut enggak terlalu berbahaya bagi ibu hamil dan anak-anak. Namun, semakin berkembanya virus corona membuat virus ini menjadi aktif dan membahayakan ibu hamil.

Baca Juga: Calon Moms Mau Punya Anak Kembar Alami? Ini yang Harus Diperhatikan!

Oleh karena itu lebih baik agar Moms yang sedang mengandung si kecil untuk tetap sehat selama pandemi. Lebih baik tetaplah tinggal di rumah dan menghindari kerumunan. Selain itu juga, selalu siap dengan protokol kesehatan jika ingin berpergian ke rumah sakit. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan sehat dan vitamin, ya, Moms!