Dear Beauty, di sela padatnya aktivitas, sudah sepatutnya kamu tetap menjaga kesehatan. By the way tahu enggak sih, kalau kondisi kesehatan bisa terungkap lewat aroma Miss V lho! Miss V merupakan organ intim yang memiliki aroma atau bau alami. Jenis aroma pada Miss V itu berbeda-beda, ada yang normal, ada pula yang berbahaya karena menandakan penyakit serius pada organ intim.

Sekadar Beauty tahu aja nih, vagina memiliki mikrobiota yang mengandung bakteri dan ragi khusus, di mana bermanfaat untuk melindungi vagina. Nah, itulah yang menghasilkan aroma alami yang khas dan berbeda pada vagina.

Banyak faktor yang mempengaruhi variasi aroma pada vagina. Kemungkinan besar disebabkan oleh siklus menstruasi hingga kebersihan yang kurang terjaga. Meski bau vagina itu normal-normal aja, tapi ada bau tertentu yang bisa menunjukkan infeksi seius pada organ intim.

Merangkum dari laman Healthline, berikut ini jenis aroma vagina yang perlu kamu tahu dan bisa ungkap kondisi kesehatan.

Aroma Asam

Dr. Mary Jane Minkin menjelaskan, sangat umum vagina menghasilkan aroma yang tajam atau asam. Beberapa membandingkannya dengan bau makanan yang difermentasi. Seperti Yoghurt, roti, dan beberapa bir asam.

Bu, kalau aroma Miss V mu seperti ini, enggak perlu panik ya. Hal ini terbilang umum karena disebabkan oleh bakteri Lactobacilli yang melindungi vagina dari bakteri jahat.

" pH vagina sedikit asam, antara 38.5 sampai 4.5. Bakteri Lactobacilli menjaga vagina tetap asam. Ini melindungi dari pertumbuhan berlebih dari jenis bakteri jaha," ungkap Minkin.

Baca Juga: Beauty Wajib Tahu! Ini Kesalahan dalam Memilih Celana Dalam