Menu

Jangan Dipakai Lagi! Setelah Dicuci 30 Kali, Efektivitas Masker Kain untuk Cegah Virus Corona Menurun hingga 15 Persen

Nada Saffana
24 September 2020 15:00 WIB
Jangan Dipakai Lagi! Setelah Dicuci 30 Kali, Efektivitas Masker Kain untuk Cegah Virus Corona Menurun hingga 15 Persen

Warga menjemur masker berbahan kain di Kampung Anggur, Kota Tangerang, Banten, Selasa (7/4/2020). (ANTARA FOTO/Fauzan/hp)

HerStory, Jakarta —

Penggunaan maser jadi salah satu hal yang wajib selama pandemi virus corona. Pasalnya berbagai penelitian menyebut bahwa penggunaan masker bisa menurunkan risiko tertular virus corona lebih dari 50 persen.

Jenis makser yang banyak digunakan oleh masyarakat umum adalah masker kain. Hal itu disebabkan karena mudah didapat serta penggunaannya yang praktis karena bisa berulang kali.

Dilansir dari laman Asia One (24/9/2020), Dr Leong Hoe Nam, dokter spesialis penyakit menular di Mount Elizabeth Novena Hospital, pun memgimbau masyakrat untuk menggunakan masker kain dengan benar. Dr Nam mengatakan bahwa masyarakat harus menghentikan penggunaan masker kain yang sudah dicuci sebanyak 30 kali. Kenapa begitu ya?

Dr Nam mengatakan bahwa setelah 30 kali pencucian, sifat antimikroba serta filtrasi pada masker menjadi kurang efektif. Dr Leong menunjukkan bahwa keefektifan masker bisa turun antara 10 dan 15 persen.

Share Artikel: