Menu

Beauty Pasti Banyak yang Gak Tahu! Bukan Darah Menstruasi, Ini Lho 4 Penyebab Timbul Bercak Coklat Pada Celana Dalam!

27 Juli 2022 08:25 WIB
Beauty Pasti Banyak yang Gak Tahu! Bukan Darah Menstruasi, Ini Lho 4 Penyebab Timbul Bercak Coklat Pada Celana Dalam!

Ilustrasi siklus menstruasi. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty pasti tahu dong kalau keputihan biasanya berwarna putih atau lendir kekuningan. Namun, biasanya dari vagina juga keluar bercak berwarna coklat padahal juga kamu sedang tak menstruasi.

Menurut obgyn Oluwatosin Goje, MD, terkadang kamu memang melihat perubahan pada keputihan kamu, salah satunya berupa bercak cokelat.

Menurut dr. Goje, bercak cokelat bisa menjadi hal normal kalau ini merupakan penanda dari akhir siklus menstruasi kamu. Tapi, ini bisa juga sesuatu yang lain, termasuk tanda adanya masalah kesehatan.

“Ketika ada sisa sedikit dari darah menstruasi, seringkali tubuh akan tidak mengeluarkannya. Namun, kadang-kadang, sebagian keluar dari vagina Anda dan mengotori pakaian dalam Anda menjelang akhir periode menstruasi, atau bahkan satu atau dua hari setelah selesai," kata dr, Goje, mengutip dari Cleveland Clinic.

Tetapi ada juga penyebab lain dari bercak cokelat ini menurut dr. Goje. Apa saja?

1. Perubahan terkait menopause

Saat kamu menopause, penurunan estrogen dapat menyebabkan dinding vagina kamu menjadi tipis dan rapuh, suatu kondisi yang dikenal sebagai atrofi vagina. Pembuluh darah kamu menyusut, dan kamu mungkin mengalami pendarahan vagina.

2. Vaginosis bakterial

Infeksi ini biasanya dikaitkan dengan keputihan keabu-abuan, tetapi bagi sebagian orang, itu bisa terlihat kecoklatan, terutama setelah mengering di pakaian dalam kamu.

Keputihan dari bakterial vaginosis (BV) disebabkan oleh ketakseimbangan bakteri di vagina kamu, dan biasanya lebih terlihat di sekitar menstruasi dan setelah berhubungan seks. Itu hampir selalu disertai dengan bau amis, penanda utama bahwa bakteri sudah rusak di sana.

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini 6 Jenis Keputihan yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Sering Alami Keputihan? Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.