Menu

Jangan Lupa! Ini 5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

07 Januari 2020 16:00 WIB
Jangan Lupa! Ini 5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Seorang wanita yang sedang minum air putih (Pinterest/alatternakunggas)

HerStory, Jakarta —

Mengonsumsi air putih sangatlah penting dan baik bagi kesehatan. Beauty, tahukah kalian jika 50 persen dari tubuh berisi air? Dengan mengonsumsi air putih atau mineral dapat menjaga suhu tubuh tetap normal dan membuang zat yang enggak diperlukan dalam tubuh lho! Zat tersebut akan keluar melalui keringat, urin, maupun buang air besar.

Minum delapan gelas setiap harinya membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Beauty jika ada waktu yang tepat untuk mengonsumsi air putih?

Berikut waktu yang tepat untuk mengonsumsi air putih seperti yang dilansir dari Camille Style,

Saat bangun tidur

Kalau biasanya ketika bangun tidur mencari smartphone, sekarang cobalah beralih dengan kebiasaan mengonsumsi air putih. Segelas air yang diminum ketika bangun tidur dapat memperlancar peradaran darah ke otak, agar kamu cepat tersadar dari kantuk yang tersisa.

Selain itu, dapat pula menghilangkan segala racun dan radikal yang menumpuk di sistem peredaran darah dan membersihkan organ dalam tubuh.

Sebelum makan

30 menit sebelum makan ada baiknya kamu meneguk segelas air putih. Hal ini dapat memperlancar pencernaan dan menjaga asupan kalori agar kamu tidak berlebihan mengonsumsi makanan. Kamu akan merasa lebih cepat kenyang ketika mengonsumsi air putih ketimbang enggak sama sekali.

Jangan minum air putih saat atau setelah makan, kebiasaan buruk ini dapat menggangu pencernaanmu lho, Beauty!

Sebelum dan setelah berolahraga

Minumlah air putih sebelum dan setelah berolahraga. Kamu dapat meneguk satu atau dua gelas air sebelum mulai berolahraga biar enggak dehidrasi. Setelah berolahraga, penting untuk minum banyak air untuk mengembalikan cairan yang hilang.

Saat latihan, kamu juga enggak boleh mengonsumsi air terlalu banyak. Hal ini akan mengurangi konsentrasi natrium dalam tubuh dan menguras elektrolit alami yang mengakibatkan kelelahan.

Sebelum mandi

Minum segelas air sebelum mandi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Usahakan air yang kamu minum hangat agar tekanan darah turun. Air putih bisa mencairkan kadar natrium dalam tubuh yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah.

Sebelum tidur

Jika sebelum tidur kamu terhidrasi, maka dapat menurunkan risiko jerangan jantung dan stroke. Karena dehidrasi memicu penyakit kardioviskular. Sebagian besar, serangan jantung terjadi ketika pagi hari karena darah kehilangan air.

Mulai saat ini rutin mengonsumsi air putih sesuai waktunya ya Beauty! Keep Healthy!

Baca Juga: Meski Menyehatkan, Minum Air Putih Berlebihan Ternyata Bisa Timbulkan Bahaya Ini

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Bisa Timbulkan Risiko Ini, Hati-hati!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha