Menu

Moms, Anak Sakit Gigi dan Sering Rewel? Begini Tips Mengatasinya

Kintan Nabila
25 September 2020 10:35 WIB
Moms, Anak Sakit Gigi dan Sering Rewel? Begini Tips Mengatasinya

Ilustrasi anak sakit gigi. (dentalstudio.sg/Edited by Herstory)

HerStory, Bogor —

Moms, Si Kecil suka makanan yang manis-manis? Makan sesekali boleh saja, tapi kalau berlebihan bisa menimbulkan risiko gigi berlubang. Anak yang sakit gigi biasanya akan rewel sepanjang hari karena tak tahan dengan nyerinya.

Rasa nyeri saat sakit gigi bisa terasa menyakitkan jika terkena makanan atau minuman dingin dan manis. Pada kondisi yang lebih parah, nyeri bisa berubah menjadi sakit berdenyut sehingga bikin kepala pusing bahkan sampai mengakibatkan pipi bengkak. Dikutip dari Halodoc, Jumat (25/9/2020) Moms, berikut cara mengatasi sakit gigi pada anak dan mengurangi rasa nyerinya.

1. Bantu Bersihkan Sisa Makanan di Gigi

Meskipun terasa sangat menyakitkan, gigi Si Kecil tetap harus dibersihkan agar kondisinya tak semakin parah. Saat membersihkan gigi, bantu Si Kecil menghilangkan partikel makanan yang mungkin terperangkap di antara giginya dengan benang (flossing). Pastikan Moms melakukan flossing dengan sangat berhati-hati, karena gusi Si Kecil mungkin akan terasa sensitif. 

2. Kumur dengan Larutan Garam

Berkumur dengan larutan garam mampu membunuh bakteri di daerah yang terkena atau sekitarnya. Berkumur mampu mendorong penyembuhan lebih cepat. Untuk membuat larutan ini, Moms perlu mencampurkan sekitar satu sendok teh garam meja ke dalam secangkir kecil air hangat. Mintalah Si Kecil untuk berkumur dengan larutan ini selama sekitar 30 detik.