Moms, apakah si kecil susah saat disuruh sikat gigi? Taukah Moms, perawatan gigi harus diajarkan sejak dini. Saat anak sudah bisa memegang sikat giginya sendiri.

Idealnya, anak-anak harus dibiasakan gosok gigi 2 kali sehari. Pagi hari sekitar 10 sampai 15 menit sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Melansir dari Hellosehat, Jumat (25/9/2020) begini tips ajari anak kebiasaan menyikat gigi.

1. Biarkan anak memilih sikat gigi dan pasta gigi sendiri

Untuk mengajarkan kebiasaan menggosok gigi pada anak, langkah pertama yang harus Moms lakukan adalah memilih peralatan menggosok gigi yang tepat bagi anak. Sikat gigi anak biasanya memiliki bulu sikat yang lebih lembut dan berjarak renggang. Beragam pilihan bentuk dan warna-warni sikat gigi yang lucu dan menarik hati juga banyak di pasaran.
Tidak hanya itu, pasta gigi khusus anak juga biasanya memiliki rasa buah-buahan yang enak. Nah, biarkan anak memilih bentuk sikat gigi dan rasa pasta gigi yang disukainya agar rutinitas menggosok gigi lebih menyenangkan bagi anak.

2. Gosok gigi bersama-sama

Agar gigi sehat dan putih cemerlang, Moms harus menunjukkan bahwa Moms juga rajin gosok gigi. Saat waktu mandi tiba, ajak anak untuk menyikat gigi bersama-sama. Banyak anak yang meniru kebiasaan orang tua. Bila dia mengikuti apa yang Moms lakukan, ajari anak untuk menyikat giginya dengan cara yang benar.
Selain menggosok gigi ketika sedang mandi, Moms juga bisa mengajarkan si kecil gosok gigi sebelum tidur. Agar kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur lebih menyenangkan bagi anak, jadikan kesempatan tersebut sebagai waktu menggosok gigi bersama dengan keluarga.

3. Gosok gigi di depan cermin

Cara efektif mengajari anak sikat gigi adalah di depan cermin, sehingga anak bisa melihat cara menyikat gigi yang benar. Langkah untuk mengajari anak gosok gigi yang benar adalah sikat seluruh permukaan gigi dengan menggerakkan sikat pada bagian gigi depan yang dilakukan dengan gerakan menyapu ke atas dan ke bawah. Sedangkan pada bagian luar gigi yang kiri dan kanan dengan gerakan memutar. Tak lupa gigi bagian dalam dan permukaan kunyah gigi juga dibersihkan.

Baca Juga: Wajib Coba Nih! 5 Hal yang Dilakukan untuk Perawatan Gigi dan Mulut, Bikin Sehat Lho!