Moms, di masa pandemi ini mencari pekerjaan memang lagi sulit banget. Bahkan beberapa orang harus terima untuk dipecat dari pekerjaannya. Namun, untukmu yang masih bekerja dan penghasilannya pas-pasan, penting banget, nih, untuk mengelola keuangannya.

Jika gajimu sebatas Rp3 juta perbulan, bukan berarti kamu nggak bisa membangun keluarga yang bahagia, Moms. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan dengan budget Rp3 juta dalam keluarga. Simak ya, Beauty!

1. Alokasikan penghasilan dengan tepat

Cara mengelola gaji 3 juta yang pertama adalah dengan cara mengalokasikan penghasilan dengan cerdas. Adapun tips praktis dalam cara mengelola gaji 3 juta dengan formula 40-30-20-10, yang rinciannya bisa kamu lihat berikut ini:

  • Alokasikan 40% untuk biaya hidup sehari-hari dan pengeluaran rutin. Mulai dari kebutuhan biaya makan, air, listrik, pulsa, internet, transportasi dan lain-lain.
  • Alokasikan 30% untuk membayar cicilan dan tagihan. Hal ini bisa kamu terapkan jika kamu memiliki hutang berupa cicilan rumah, kendaraan, peralatan untuk kebutuhan hidup. Atau jika kamu belum memiliki rumah sendiri, atau mungkin perantau, kamu bisa menggunakan dana 30% ini untuk bayar kontrakan atau kost.
  • Alokasikan 20% untuk tabungan, simpanan, atau berinvestasi. Kamu bisa membaginya dalam beberapa slot, karena kamu bisa alokasikan ke tabungan, atau untuk investasi, atau berupa asuransi, bahkan kamu bisa untuk menerapkan ketiganya.
  • Alokasikan 10% untuk donasi, berzakat, sedekah, atau melakukan kebaikan. Tidak hanya memberikan sedikit penghasilanmu ke orang lain, memberikan sebagian dari pendapatan kamu kepada orang tuamu sendiri, juga termasuk kebaikan. Di sini angka 10% bukan sesuatu angka yang wajib, karena jika memang pendapatanmu masih belum mencukupi untuk bersedekah, mungkin presentase angkanya bisa kurangi, atau memberilah sesuai dengan kemampuanmu.

Baca Juga: Ibu Bekerja Perlu tahu, Ini 5 Kesalahan Terbesar saat Mengatur Keuangan yang Harus Kamu Hindari!