Beauty, menggunakan concealer bisa menutupi kekurangan pada wajah, seperti jerawat hingga lingkaran hitam. Namun, concealer yang kamu gunakan kadang tak bekerja dengan baik. Belum lagi ada banyak opini tentang cara pemakaian concealer yang benar. Hal ini tentunya bikin kamu bingung.

Nah, untuk membantu kamu menguasai cara pemakaian concealer. Melansir dari cosmopolitan, Sabtu (26/9/2020) berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat pakai concealer dan bagaimana tips memakainya.

1. Terlalu banyak shades

Apakah kamu pernah menggunakan lebih dari satu warna concealer? Warna pertama untuk mencocokkan wajah dan warna kedua untuk mencerahkan. Sebenarnya cara ini terlalu berlebihan. Sebaiknya, kamu cukup memilih satu warna concealer setingkat lebih terang dari rona kulit. Namun jika kamu menginginkan efek tampak cerah, kamu dapat memilih warna dua tingkat lebih terang dari rona kulit.

2. Melupakan titik strategis

Mengaplikasikan concealer ke area bawah mata sepertinya memang wajib, Namun, kebanyakan orang sepertinya melupakan beberapa titik strategis selain di area bawah mata. Misalnya, kelopak mata dan bibir. Mengaplikasikan concealer  di area ini juga dapat membantu menetralkan perubahan warna (seperti urat pada kelopak mata) dan rona kulit.

3. Pakai warna yang salah

Kesalahan terbesar yang dilakukan para wanita adalah menggunakan warna concealer yang salah, misalnya memilih warna yang terlalu terang. Menggunakan shade yang terlalu terang di bawah mata, bisa memberikan efek area di bawah matamu tampak putih secara tak wajar.  Warna concealer yang lebih terang sebenarnya akan terlihat lebih alami saat dipasangkan dengan foundation kamu. Kamu dapat memilih dua warna yang lebih terang dari rona kulit alamimu jika benar-benar ingin mencerahkan area tersebut. 

Baca Juga: Anti Bokek! 5 Rekomendasi Concealer Murah Ini Bisa Kamu Coba, Harga Mulai Rp30 Ribu-an Aja!