Beauty kamu mungkin sudah tahu berbagai manfaat buah untuk kecantikan. Buah sebagai bahan alami, kaya akan vitamin yangbagus untuk kulit. Biasanya kita memanfaatkan buah sebagai masker wajah.

Namun, taukah kamu ternyata kulit buah juga punya manfaat yang tak kalah hebat dari buahnya sendiri? Faktanya, ada beberapa kulit buah yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Melansir dari journal.sociolla.com, Sabtu (26/9/2020) berikut 5 kulit buah yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Apa saja?

1. Jeruk

Buah jeruk dikenal memiliki vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga biasa dijadikan buah konsumsi harian. Namun kulit jeruk ternyata tak kalah berkhasiat. Kulit jeruk kaya akan fitonutrien dan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan daging buahnya.

Kamu bisa membuat masker dari kulit jeruk yang telah dihaluskan dan dicampur dengan sedikit air. Masker ini bermanfaat untuk mencegah penuaan, menjadi toner alami kulit, serta menyamarkan garis-garis halus di wajah. Kandungan asam sitrat yang ada juga mampu membersihkan pori-pori serta minyak berlebih.

2. Pepaya

Kulit pepaya ternyata memiliki kandungan vitamin A dan senyawa papain yang tak kalah dengan daging buahnya lho! Kamu bisa membuat masker wajah dari kulit pepaya yang dihaluskan dan dicampur dengan madu sebagai masker rutin.

Masker dari bahan ini memberikan manfaat untuk mencerahkan kulit wajah, membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengatasi masalah jerawat. Masker ini juga ampuh menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Baca Juga: Beauty, Simak Manfaat Pakai Milk Cleanser Sebagai Pembersih Wajah