Taukah Moms, kapan waktu yang tepat untuk kembali melakukan hubungan intim dengan suami usai proses persalinan? Kebanyakan dokter mengatakan bahwa, idealnya dibutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk bisa kembali aktif secara seksual setelah melahirkan.

Namun sebelum itu, simak beberapa hal yang harus Moms tahu tentang seks setelah melahirkan. Tentunya pasti ada perbedaan yang akan dirasakan saat bercinta, sebelum dan setelah melahirkan. Melansir dari beautynesia, Sabtu (26/9/2020) Untuk mengetahui perbedaannya, simak fakta menarik seputar seks setelah melahirkan yang harus Moms tahu!

1. Seks Pertama Setelah Melahirkan Akan Sedikit Menyakitkan

Sebelum kamu berekspektasi tentang kenikmatan seks, ketahui bahwa seks setelah melahirkan akan memberikan rasa sakit yang berasal dari trauma atau luka bekas persalinan. Tak hanya itu, ini juga berkaitan dengan rendahnya tingkat estrogen yang memengaruhi elastisitas jaringan vagina. Saat seorang wanita menyusui, terutama pada masa-masa awal, penurunan estrogen yang dikombinasikan dengan kadar prolaktin dan oksitosin yang tinggi dapat menyebabkan produksi cairan vagina berkurang. 

2. Bentuk Vagina Mungkin Akan Berubah

Bergantung pada usia dan berapa banyak anak yang sudah kamu lahirkan, mungkin vagina akan mengalami banyak perubahan. Bahkan, ini juga termasuk pada mereka yang menjalani operasi caesar. Pasalnya, yang menyebabkan pelebaran pelvis bukan hanya keluarnya bayi, tetapi hormon kehamilan. Sebagai alternatif pencegahan dan perawatan, cobalah untuk rutin menjalani pilates dan kegel untuk membantu mengencangkan dasar panggul.

Baca Juga: Beauty Waspada, Ini Usia Pernikahan yang Rentan Mengalami Perselingkuhan!