Menu

Sukses Sejak Muda, Clarissa Tanoesoedibjo Beri Pesan untuk Wanita Indonesia Agar Tak Pernah Menyerah Akan Mimpi

01 Agustus 2022 07:20 WIB
Sukses Sejak Muda, Clarissa Tanoesoedibjo Beri Pesan untuk Wanita Indonesia Agar Tak Pernah Menyerah Akan Mimpi

Clarissa Tanoesoedibjo. (Instagram/@clarissatanoe)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berbisnis di usia muda tentu bukan hal yang mudah untuk dilalui. Hal inilah yang turut dirasakan oleh Clarissa Tanoesoedibjo. Di usianya yang relatif muda, anak keempat dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo tersebut sudah memegang beberapa lini bisnis. 

Clarissa diketahui merupakan seorang lulusan perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Australia. Setelah meraih gelar Master di bidang Administrasi Bisnis dari Crowell School of Business – Biola University, wanita yang bernama lengkap Clarissa Herliani Tanoesoedibjo ini memulai karier profesionalnya di MNC Group dan bertekad untuk mempelajari trik perdagangan media dan industri digital. 

Meski memiliki privilege yang sangat besar, namun hal itu tidak membuat Clarissa untuk berhenti berusaha. Ia pun terus belajar sampai menemukan kesuksesannya sendiri. Clarissa pun membuktikan bahwa ia bisa menjadi  women leader muda yang bisa mengembangkan bisnis MNC Vision Networks (MVN), khususnya Vision+ dan Vision Pictures yang merupakan anak usahanya.

Berkat tangan dingin Clarissa dan jajarannya, Vision+ saat ini berkembang menjadi layanan OTT yang diperhitungkan dalam industri media nasional, begitu juga dengan Vision Pictures sebagai produsen terhadap konten yang ditayangkan Vision+ maupun MNC Channels.

Lantas, apa sih tantangan seorang Clarissa sebagai pemimpin muda?

“Menurut saya setiap leader pasti ada tantangannya sendiri-sendiri. Saya sih belajar by learning, jadi saya terjun aja langsung masuk, jadi kalau tidak mengerti, harus cari cara untuk mengerti. Kalau untuk mentor memang ada beberapa figur di hidup saya yang membantu saya untuk belajar terus. Salah satunya tentu keluarga. Mereka adalah inspirasi bagi saya untuk maju, dan mereka juga sering banget ngasi masukan-masukan ke saya untuk bagaimana caranya berbisnis, dan lain-lain,” beber Clarissa, saat ditemui HerStory, di Jakarta, belum lama ini. 

Terkait label women leader sendiri, tak lantas membuat Clarissa terbebani. Sejak memulai terjun di dunia bisnis, Clarissa mengaku tak sedikit pun mengalami diskriminasi gender, baik dalam hal pemberian kesempatan untuk pengembangan karir atau capability maupun dalam pengakuan terhadap achievement. 

Namun, Clarissa tak menampik bahwa memang pada kenyataannya memang wanita masih dipandang sebelah mata oleh banyak pihak dan dinilai tidak bisa menjadi pemimpin.

Reality-nya memang semua wanita pasti pernah merasakan itu, apalagi di industri yang didominasi oleh pria. Kalau saya cuek aja sih, jika ada yang meragukan, saya buktikan dengan kerja lebih keras lagi. Intinya sih saya cuek aja kalau gak didengar atau dihormati gara-gara gender, tapi saya buktikan dengan kerja yang bagus dan profesional,” papar Clarissa.

Baca Juga: Jelang Hari Kemerdekaan RI, Donna Prive Ajak Wanita Indonesia ‘Merdeka’ Tentukan Versi Terbaik Diri Sendiri, Keren!

Baca Juga: Bakal Ada Perubahan Besar-besaran, 3 Zodiak Ini Bakal Dapat Kesuksesan di Tahun 2022! Sudah Siap Punya Tanah Dimana-mana?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.