Moms, ada banyak orang yang susah untuk mengatur uang dengan baik, apalagi dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran. Moms bisa lihat melalui tindakan pemborosan, pemenuhan gaya hidup berlebih, dan keresahan jika uangnya menipis.

Kesalahan manajemen uang adalah penyebab utama kejadian ini terjadi di masyarakat dan menjadi masalah besar yang seringkali ditemui oleh institusi keuangan, lho.

Makanya, perlunya pemahaman mengenai bagaimana mengatur uang yang baik. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan supaya terhindar dari kesalahan yang ada, simak ya!

1. Enggak mencatat pengeluaran

Moms harus paham berapa pengeluaran yang dihabiskan agar bisa dihitung untuk waktu yang akan datang. Moms perlu tahu berapa pengeluaran sehari-hari dan mencatatnya secara rutin. Sebab, pengeluaran yang nggak terkendali dan nggak bakal seimbang dengan pemasukan.

2. Mengatur uang untuk waktu singkat

Kebiasaan mengatur uang harusnya dilakukan untuk waktu yang lama. Padahal, kebanyakan orang memiliki kebiasaan ini untuk waktu yang singkat ketika kondisi finansial sedang sekarat saja.

Kesalahan ini harus dihindari oleh setiap orang karena tanpa pemikiran panjang masa depan keuangan bisa merugi, lho.

Baca Juga: Putus Asa, Begini Cerita Dewi Gita Ingin Akhiri Karier Sebagai Penyanyi karena Corona!