Digital Popular Brand Award 2022. (Tasha Rainita/HerStory)
Masifnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Termasuk dalam menemukan produk yang diinginkan, masyarakat semakin mengandalkan internet dalam mencari sebuah produk.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), berdasarkan survei internet Indonesia tahun 2021-2022 (Q1), pengguna internet di Indonesia mencapai 220 juta orang. Sebelum pandemi Covid-19, jumlah pengguna Internet di Indonesia 175 juta orang.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menyebutkan bahwa pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang ini mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat yang saat ini akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan strategi branding yang tepat di ranah digital.
“Tentunya brand dituntut untuk semakin kreatif dalam membangun brand mereka,” jelas Tri Raharjo.
Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, kembali melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian, yakni Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.
Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase ketiga yang dilakukan pada bulan April-Juni 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset. Adapun hasil riset pada fase ketiga kali ini, 10 kategori produk yang paling banyak dicari, yaitu:
Sedangkan berdasarkan ulasan, 10 kategori produk yang paling banyak diulas di internet pada fase ketiga, yaitu:
Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.