Moms, tak ada salahnya untuk mengajak Si Kecil berbicara sejak dini. Meski anak belum paham arti kata yang Moms katakan, Si Kecil akan menyerap hal-hal yang didengarnya. Dengan sering mengobrol, kemampuan berbicara pada anak bisa lebih cepat berkembang.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang berada dalam keluarga yang banyak berbicara akan memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi di usia 3 tahun, daripada bayi yang keluarganya pendiam.

Melansir dari Alodokter, Senin (28/9/2020) Moms, ayo latih kemampuan bebicara anak dengan 5 cara menyenangkan berikut ini.

1. Mengajak anak berbicara atau berbincang

Moms dapat memulainya dengan mengajak Si Kecil berbincang mengenai apa pun yang dialaminya pada hari itu. Misalnya, pada saat malam sebelum tidur, coba bicarakan apa saja yang telah Si Kecil lakukan sepanjang hari. Mulai dari permainan apa saja yang dilakukan, hingga bersama siapa saja si Kecil bermain. Cobalah untuk memberikan pertanyaan bersifat terbuka, yang jawabannya lebih dari sekadar “iya” dan “tidak”, agar si Kecil lebih banyak berbicara.

2. Membacakan cerita

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk membacakan cerita pada Si Kecil, bahkan jika ia belum dapat berbicara. Moms bisa mulai dengan membacakan buku-buku sederhana yang lebih banyak memuat gambar daripada cerita. Selain sebagai salah satu cara mengajari anak berbicara, memperkenalkan buku sejak kecil akan mengembangkan kegemaran mereka terhadap buku.

3. Mengarang cerita bersama

Cobalah untuk mengarang cerita bersama-sama dengan memunculkan berbagai tokoh, konflik, dan petualangan. Ceritanya tentu saja yang menarik minat Si Kecil dan tak menakutkan.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Seorang Ibu yang Baik!