Baru-baru ini beredar kabar bahwa ada gejala baru virus corona lho. Para peneliti di Spanyol mengatakan bahwa benjolan di lidah jadi salah satu gejala baru virus corona, benarkah begitu?

Peneliti memeriksa pasien di rumah sakit lapangan sementara yang didirikan pada saat puncak pandemi di Madrid, Spanyol. Para peneliti menganalisis 666 pasien virus corona dengan pneumonia ringan hingga sedang. Usia rata-rata pasien adalah 56 tahun dan 58 persen di antaranya adalah perempuan.

Setelah diamati, para peneliti mengungkapkan bahwa 26 persen pasien mengalami ruam di dalam mulut dan yang paling umum di mulut atau bagian lidah adalah papilitis lingual sementara. Ini juga dikenal sebagai benjolan kecil berwarna merah atau putih di lidah.

Para peneliti pun memeriksa mulut dari 21 pasien virus corona yang mengalami ruam pada kulit untuk melihat apakah mereka memiliki enanthem (lesi rongga mulut) atau ruam di dalam tubuh pada selaput lendir. Selaput lendir melapisi banyak saluran di tubuh dan ditemukan di mulut, hidung, kelopak mata, dan paru-paru. Para peneliti menemukan bahwa 29 persen pasien memiliki semacam enanthem di mulut pasien tersebut.

Baca Juga: Super Keren! Inggris Bikin Alat Tes Air Liur yang Bisa Deteksi Corona dalam 15 Menit Doang!