Bisakah kurang tidur membuat tubuh gemuk? Ternyata ada sebuah makalah yang mengulas bukti yang mengungkapkan bahwa kurang tidur terkait dengan obesitas lho.

Melansir Science Daily (28/9/2020), penelitian yang diterbitkan dalam edisi khusus The American Journal of Human Biology, mengeksplorasi bagaimana efek dari kurang tidur dapat memengaruhi regulasi nafsu makan, merusak metabolisme glukosa, dan meningkatkan tekanan darah.

"Obesitas berkembang ketika asupan energi lebih besar daripada pengeluaran. Diet dan aktivitas fisik memainkan peran penting dalam hal ini, tetapi faktor tambahan mungkin adalah waktu tidur yang tidak memadai," kata Dr Kristen Knutson, dari University of Chicago.

"Sebuah tinjauan bukti menunjukkan bagaimana kualitas tidur yang pendek atau buruk dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas dengan menurunkan nafsu makan, yang menyebabkan peningkatan konsumsi energi," lanjutnya.

Studi tersebut mengungkapkan bagaimana sinyal dari otak yang mengontrol regulasi nafsu makan dipengaruhi oleh pembatasan tidur eksperimental. Waktu tidur yang tak memadai berdampak pada sekresi hormon sinyal ghrelin, yang meningkatkan nafsu makan, dan leptin, yang menunjukkan saat tubuh kenyang. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan asupan makanan tanpa adanya kompensasi pengeluaran energi.

Baca Juga: Moms, Sulit Tidur Pasca Melahirkan? Ini Cara Supaya Moms Dapat Tidur dengan Nyenyak!

“Temuan ini menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko seseorang terkena obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung,” pungkas Knutson.