Menu

Catat! Ini Kriteria Masker SNI yang Efektif Cegah Virus Corona

Nada Saffana
29 September 2020 13:30 WIB
Catat! Ini Kriteria Masker SNI yang Efektif Cegah Virus Corona

Perajin menyelesaikan pembuatan masker lukis di Anacaraka Art, Desa Singapadu Tengah, Gianyar, Bali, Jumat (7/8/2020). (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj)

HerStory, Jakarta —

Penggunaan masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi selama masa pandemi. Jadi salah satu barang wajib, banyak jenis masker yang beredar di pasaran. Padahal jenis masker tersebut belum tentu efektif untuk memfiltrasi virus yang mungkin memapari tubuh.

Oleh sebab itu, kini pemerintah Indonesia mulai merumuskan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI). Melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RSNI ini diharapkan bisa menekan angka kasus infeksi virus corona karena telah menggunakan masker yang sesuai.

Pada 16 September 2020, Kemenperin menyusun ketetapan ini dengan nomor 8914:2020 Tekstil - Masker dari kain melalui Keputusan Kepala BSN Nomor No.408/KEP/BSN/9/2020.

"Penetapan SNI ini sejak diusulkan dalam Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) sampai ditetapkan memakan waktu tidak sampai 5 bulan, mengingat SNI ini merupakan kepentingan nasional dan kebutuhan yang mendesak," imbuh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya, Minggu (27/9/2020)

"SNI masker kain ini dirumuskan untuk menjaga kualitas dan melindungi masyarakat secara optimal dari penularan wabah COVID-19, mengingat masker kain kini menjadi alternatif di tengah keterbatasan masker medis," lanjutnya.