Masalah mengenai pandemik di Indonesia masih belum bisa diatasi dengan baik, hal ini yang akhirnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambah waktu PSBB di wilayah Jakarta. Tentu dengan perpanjangan waktu itu memberikan dampak bagi keluarga di rumah yang harus terus beraktifitas dari dalam rumah. Salah satunya adalah dengan membeli kebutuhan keluarga seperti ibu dan anak.

Menurut Strategic Initiatives Senior Lead (Mom Baby & Home Living) Tokopedia, Rizki Widyastuti mengatakan bahwa tingkat pembelian pada produk ibu dan anak di Tokopedia mengelamai pelonjakkan yang luar biasa, khususnya selama Agustus 2020.

“Selama Agustus 2020, kategori Ibu dan Anak di Tokopedia terus mengalami peningkatan signifikan, yaitu hampir dua kali lipat selama pandemic, jika dibandingkan dengan transaksi bulanan sebelum pandemic,” jelas Rizki dalam acara Virtual Media Briefing: ‘Mencetak Anak Unggul dengan Cara Hidup Bijaksana dan Baik di Era PSBB’, Senin (28/09/2020).

Selanjutnya, Rizki mengatakan bahwa produk yang populer di beli dalam kategori ibu dan anak adalah produk perawatan bayi.

“Produk perawatan bayi seperti tisu basah, susu formula, popok dan sabun mandi menjadi beberapa produk di kategori Ibu dan Anak yang paling populer belakangan ini,” lanjut Rizki.

Untuk mendukung masyarakat agar mampu memenuhi kebutuhan anak selama masa PSBB yang masih berlangsung, Tokopedia mencoba untuk berkolaborasi dengan mitra yang memilikia ahli dibidangnya seperti Popmama.com.

Tokopedia dan Popmama.com membuat sebuah Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020, yang di dalamnya mencakup edukasi, hiburan, serta pengalaman beanja kebutuhan ibu dan anak secara menyenangkan.

“Dengan berkolaborasi, Tokopedia juga terus berupaya menyediakan panggung bagi pegiat usaha lokal dalam mencipitakan peluang lewat pemanfaatn teknologi sekaligus berkontribusi memilihkan perekonomian Indonesia,” ujar Rizki.

Salah satu penggiat usaha yaitu Mooi Official yang menjadi Pegiat Usaha lokal di kategori Ibu dan Anak di Tokopedia mengatakan bahwa mereka mengalami peningkatan penjualan selama pandemic hampir Sembilan kali lipat.

Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga yang menjadi salah satu narasumber di dalam acara tersebut mengatakan bahwa POPAC 2020 mengatakan bahwa masa pandemic ini memberikan lebih banyak tanggungjawab bagi orang tua dalam mengurus kebutuhan anak-anak mereka dan juga perubahan-perubahan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pandemi ini memperkenalkan berbagai tantangan baru bagi para orang tua, seperti perubahan rutinitas yang drastic, kesulitan interaksi psikososial dan ekonomi, manajemen emosi dan energi hingga adaptasi terhadap teknologi,”

“Melihat keadaan tersebut, orang tua perlu memperhatikan dan membangun lingkungan positif di rumah demi membantu membangun kepribadian anak unggul dengan cara hidup bijaksana dan baik di era PSBB ini,” jelas Rosdiana.

Fanny Fabriana, Aktris Sinetron Wanita Indonesia memberikan pengalamannya ketika mengasuh anak di tengah masa PSBB ini.

Baca Juga: Seru Banget! Tokopedia Kasih Tips untuk Bangun Rumah Bagi Pasangan Milenial, Perhatikan Yuk!

“Keadaan seperti ini pastinya ada penyesuaian yang harus dilakukan, salah satunya ketika menjalankan aktivitas bersama anak. Sebagai seorang ibu dari tiga orang anak, saya harus semakin kreatif dalammemikirkan cara menarik agar anak-anak enggak bosan dan dapat terus tumbuh optimal, walau tetap di rumah saja,” jelas Fanny.