Menu

Waspada! Ini Ciri-ciri Imun Lemah yang Perlu Diketahui, Gampang Merasa Lelah

05 Agustus 2022 19:10 WIB
Waspada! Ini Ciri-ciri Imun Lemah yang Perlu Diketahui, Gampang Merasa Lelah

Dua orang laki-laki dan perempuan yang terserang Influenza (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Sistem imun adalah salah satu fungsi tubuh yang amat penting. Sistem pertahanan alami yang dimiliki oleh tubuh manusia ini dapat menangkal infeksi dan kondisi kesehatan buruk lainnya. Sistem imun juga sering disebut sebagai sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem imun lemah, maka risiko penyakit dan gangguan kesehatan akan meningkat. Nah, untuk itu gak ada salahnya mengetahui ciri-ciri imun lemah. Apa saja?

Mudah Merasa Lelah

Lelah yang wajar tentu bukan menjadi ciri utamanya. Namun ketika kelelahan terus dirasakan meski kamu tidak dalam aktivitas fisik atau berpikir berat, maka hal ini bisa menjadi ciri imun tubuh sedang lemah. Saat imun tubuh melemah, tingkat energi di dalam tubuh juga akan turun.

Secara alami tubuh akan menggunakan energi yang dimiliki untuk mencoba meningkatkan daya tahannya, sehingga rasa lelah akan terus melanda hingga sistem imun kembali naik.

Terjadinya Infeksi

Salah satu tujuan dari keberadaan imun tubuh adalah untuk menghambat terjadinya infeksi. Ketika infeksi terjadi berkali-kali dalam rentang waktu tertentu, bisa jadi kamu memiliki sistem imun yang lemah.

Infeksi ini, yang bisa menjadi ciri dari kondisi sistem imun, adalah mengalami lebih dari empat infeksi telinga dalam setahun, terjadinya sinusitis kronis, dan mengalami pneumonia setidaknya dua kali dalam kurun waktu satu tahun.

Sakit Kepala

Sebenarnya sakit kepala menjadi ciri-ciri imun lemah yang paling umum dan paling mudah dikenali. Sakit kepala ini muncul saat seorang mengalami tingkat stres yang terlalu intens dalam kurun waktu lama, sehingga daya tahan tubuh menurun drastis.

Sakit kepala akibat imun lemah juga disertai dengan gejala lain, seperti nyeri di bagian dada, hingga mengalami tekanan darah rendah.

Flu Mudah Menyerang

Flu sebenarnya menjadi salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat, terlebih ketika cuaca tidak menentu seperti sekarang ini. Namun ketika flu tak kunjung sembuh, atau segera terserang flu setelah kamu sembuh, maka ini bisa menjadi tanda kamu sedang memiliki sistem imun yang lemah.

Idealnya flu akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari dua pekan. Ketika flu terjadi lebih dari 10 hari, maka segera periksakan diri ke dokter.

Itu tadi sedikitnya 4 ciri-ciri imun lemah yang terjadi secara umum. 

Baca Juga: Waspada! Virus Covid-19 Melonjak Tinggi, Kendalikan Daya Tahan Tubuh dengan Lakukan Aktivitas Ini Moms

Baca Juga: Awas Jangan Keseringan! Ini 5 Makanan yang Bisa Melemahkan Sistem Imun, Nomer 3 Favorit Banyak Orang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya