Beauty, taukah kamu? air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk berbagai produk kecantikan. Air mawar dibuat dengan cara melakukan penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar.  

Kamu bisa memanfaatkan air mawar sebagai toner wajah alami. fungsinya untuk membersihkan wajah dan memberikan efek menyegarkan di kulit. Selain itu air mawar juga kaya vitamin A, C, dan E serta antioksidan yang tinggi. Melansir dari Times of India, Selasa (29/9/2020) Berikut beragam manfaat air mawar untuk perawatan kecantikan.

1. Menghidrasi kulit

Air mawar telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mempercantik dan mengencangkan kulit. Kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke kulit. Air mawar dapat mengurangi minyak berlebih sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

2. Menghasilkan efek anti inflamasi

Air mawar telah digunakan selama beberapa dekade untuk menenangkan mata dan meredakan peradangan. Air mawar memiliki senyawa spesifik yang membantu menenangkan kulit. Kamu bisa mencari lotion atau krim lain yang mengandung ekstrak air mawar.

3. Membantu menjaga keseimbangan pH kulit

PH kulit manusia rata-rata adalah 4,7. Air biasa berada pada kisaran pH 6,7 hingga 8,8 sementara Air mawar memiliki pH rata-rata 5,0. Air mawar dapat disemprotkan ke kulit karena membantu menurunkan rata-rata pH lapisan kulit terluarmu. Fungsinya membuat kulit tampak muda, sehat, dan bersinar. Kamu cukup menyimpan botol spritzer berisi air mawar dan terus menyemprotkannya ke wajah dengan rutin sebagai face mist.

4. Mengatasi rambut kusut

Rambut keriting dan suah diatur cukup umum terjadi pada wanita dan pria. Rambut terkena kondisi keras yang menyebabkan kurangnya kelembapan. Agar rambutmu tetap sehat dan gampang diatur, kamu bisa membawa botol semprot kecil berisi air mawar dan menggunakannya setiap kali rambutmu mulai kusut.