Moms, si kecil gampang nangis? Sebenarnya untuk anak dibawah 2 tahun, sering nangis itu wajar. Biasanya anak belum bisa atau sulit menjelaskan apa yang membuat mereka menangis. Nah, Moms jangan biarkan kebiasaan ini terus berlanjut. Bisa-bisa si kecil tumbuh sebagai anak cengeng.

Anak yang cengeng cenderung tak percaya diri, pemalu, takut, dan merasa ragu dengan kemampuannya sendiri. Saat anak mulai menangis, Moms jangan dulu marah. Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/9/2020) berikut cara mengatasi anak yang cengeng.

1. Bantu perkembangan kecerdasan emosional anak

Moms diharapkan untuk mengetahui dan mengembangkan kecerdasan emosional anak sebaik mungkin. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali dan mengelola perasaannya sendiri serta perasaan orang lain. Anak dengan kecerdasan emosional biasanya tahu hal-hal apa saja yang disukainya dan yang tak disukainya. Maka kalau ada sesuatu yang membuatnya resah, ia bisa mengkomunikasikan perasaan tersebut dengan baik dan bukannya lewat tangisan.

2. Jangan terbawa emosi

Ketika anak cengeng, sebaiknya Moms tak mengatakan, “Jangan menangis!” atau “Begitu saja kok nangis? Cengeng banget”. Bukannya membuat anak berhenti menangis, kalimat tersebut justru dapat membuat buah hati menangis lebih lama. Moms perlu menatap mata anak, memeluknya dengan erat, dan berbicara dengan intonasi yang lembut. Dengan demikian, anak akan merasa dianggap dan komunikasi yang terjalin pun menjadi dua arah.

Baca Juga: Wow! Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Menangis!