Beauty, mungkin di antaramu sudah banyak mengikuti pemberitaan soal RUU Ketahanan Keluarga yang menuai kontroversi dari berbagai pihak.

Sebelumnya, lima anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengusung RUU tentang Ketahanan Keluarga yang menghebohkan masyarakat Indonesia.

Mereka di antaranya ialah Ledia Hanifia (PKS), Netty Prasetyani (PKS), Endang Maria Astuti (Golkar), Sodik Mujahid (Gerindra), dan juga Ali Thaer (PAN).

Banyak masyarakat Indonesia, khususnya kalangan wanita yang memprotes isi pasal dalam RUU tersebut. Kecaman demi kecaman dituai dalam laman sosial media lantaran dianggap terlalu mencampuri dapur rumah tangga. 

Salah satu pasal yang paling disorot ialah peraturan yang tercantum dalam Pasal 25 Ayat 3 mengenai kewajiban seorang istri dalam rumah tangga.

Dalam pasal tersebut disebutkan, kalau istri harus mengatur urusan rumah tangga dengan baik; menjaga keutuhan keluarga; serta memperlakukan dan memenuhi hak suami serta anak sebaik mungkin.

Seperti yang pernah ditulis HerStory, dalam artikel berjudul Protes Soal Draf RUU Ketahanan Keluarga, Para Wanita Jadi Malas Menikah Katanya, banyak wanita yang mengungkapkan ketidakterimaannya atas RUU Ketahanan Keluarga tersebut.

Salah satu di antaranya menyayangkan kenapa dirinya terlahir sebagai wanita. "Buset gue disuruh memenuhi hak suami, tapi kewajiban suami cuma memenuhi kebetuhan keluarga sesuai KEMAMPUAN. Ibu kenapa aku perempuan?," kritik salah satu warganet di laman Instagramnya, @adiendap.

Tak hanya masyarakat awam yang menyuarakan ketidakterimaannya tersebut atas draf RUU Ketahanan Keluarga tersebut. Ketua DPR RI Puan Maharani juga mengkritik isi dari draf RUU ketahanan Keluarga.

"Yang saya lihat dari draf yang ada itu memang ada pasal-pasal yang terlalu mengintervensi ranah privat keluarga, rumah tangga," ujarnya.

RUU Ketahanan Keluarga yang kini tengah ramai diperbincangkan, rupanya ada pula yang masih belum mengetahui betul mengenai isu kontroversial tersebut. 

Ditemui langsung di BINUS Universty Alam Sutera, beberapa mahasiswi mengaku kepada tim HerStory belum tahu pasti mengenai kontroversi RUU Ketahanan Keluarga yang kini tengah menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa di antarnya mengaku belum pernah mendengar isu tersebut.