Menu

Waspada! Anak Muntah Disertai Menolak Makan Bisa Menandakan Penyakit GERD, Simak Penjelasan Dokter Berikut Ini Moms

08 Agustus 2022 17:11 WIB
Waspada! Anak Muntah Disertai Menolak Makan Bisa Menandakan Penyakit GERD, Simak Penjelasan Dokter Berikut Ini Moms

Illustrasi Anak Alami GERD (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, pernahkah kamu mendapati si kecil mengeluh sakit pada perutnya? Waspada Moms, jika si kecil mengalami serangan sakit perut, jangan disepelekan ya!

Sebab biasanya hal pertama yang mungkin muncul di benak para orang tua jika anak sakit perut adalah masuk angin atau diare. Padahal, keluhan sakit perut pada anak terkadang bukan hanya disebabkan diare atau masuk angin saja, melainkan bisa saja merupakan gejala dari penyakit GERD.

Ya, penyakit gastroesophageal reflux atau GERD selama ini dikenal sebagai gangguan pencernaan yang kerap menyerang orang dewasa muda. Namun, tahukah Moms, bahwa penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Andreas, M.Ked (Ped), Sp.A., penyakit GERD ini tak mengenal usia, baik orang dewasa atau anak, semuanya bisa kena.

“GERD pada anak bisa terjadi dan bisa berhubungan dengan sumbatan usus, infeksi telinga, infeksi usus, infeksi paru, alergi protein dan disertai komplikasi penyakit lainnya,” tutur dr. Andreas, kepada HerStory, beberapa waktu lalu.

Adapun, gejala GERD pada anak ini menurut dr. Andreas, antara lain anak muntah disertai anak menolak makan, sering menangis saat makan, dan ada darah atau warna kehijauan di muntahannya.

“Anak juga sering muntah sekuat tenaga, perut bengkak dan keras, gangguan pernapasan termasuk batuk dan bersin,” papar dr. Andreas.

dr. Andreas juga bilang, untuk diagnosis GERD pada anak ini dapat dilihat selain dari anda dan gejala klinis, juga dari pemeriksaan penunjang seperti pemantauan pH esofagus, pemeriksaan kombinasi pH metri dan impedansi, endoskopi dan biopsi, pemeriksaan skintigrafi.

Baca Juga: Pernah Alami Gejala Asam Lambung? Redakan dengan 5 Minuman Ini

Baca Juga: Bukan Cuma Maag, GERD Juga Jadi Penyakit yang Diidap Banyak Orang, Sudah Tahu Belum?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.