Menu

Konsultasi Secepatnya, Ini 6 Tanda Bahwa Kamu Butuh Bantuan Psikiater

10 Agustus 2022 10:50 WIB
Konsultasi Secepatnya, Ini 6 Tanda Bahwa Kamu Butuh Bantuan Psikiater

Ilustrasi pasien bertemu psikiater. (Freepik/tirachardz)

HerStory, Bekasi —

Penting untuk menjaga kesehatan mental. Ini karena mental yang sehat dapat membuat pikiran menjadi positif sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik.

Nah, jika masalah mental gak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan jiwa lainnya. Untuk itu kamu perlu mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental di mana kamu membutuhkan bantuan psikater, seperti yang dikutip dari Healthshots berikut ini.

1. Rasa lelah yang berlebihan

Rasa lelah bukan sebuah masalah, dan itu normal dirasakan setiap waktu. Tapi perlu diingat, rasa lelah berlebihan bisa mengakibatkan depresi. Jika kamu merasakan ini, maka perlu ke psikiater untuk mengambil tindakan segera.

2. Emosi yang terus menerus

Emosi juga hal yang normal, tapi perlu diingat jika emosi datang terus-menerus dan berlebihan bisa memengaruhi kesehatan mental ke depan. Bahkan bisa terjadinya perbuatan kejam.

3. Perasaan takut di situasi tertentu

Istilah ini disebut dengan agoraphobia, yakni perasaan takut di situasi tertentu. Perasaan takut ini bisa mengakibatkan seseorang menyakiti dirinya sendiri. Karena itu, coba cari bantuan psikiater jika kamu mengalami tanda yang satu ini.

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Apa Perbedaan Psikiater dan Psikolog?

Baca Juga: Pandemi Bikin Kesehatan Jiwa Terganggu, Begini Cara yang Tepat untuk Menjaga Kewarasan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya