Belum lama ini penyanyi wanita Taylor Swift merilis album baru yang berjudul “Folkfore”. Melalui album barunya ini, Taylor berhasil meraih kesuksesan dengan menduduki posisi nomor satu di tangga musik Billboard 200 pada pekan ini yang juga menjadi minggu ketujuh selama berturut-turut.

Pencapaian yang dimiliki oleh Taylor ini mampu mengalahkan pencapaian yang pernah dimiliki oleh penyanyi wanita legendaris Whitney Houston sebagai seorang musisi waniya yang menduduki posisi nomor satu Billboard 200 paling lama secara kumulatif.

Menurut artikel yang dilansir (30/01) dari Billboard, Taylor sudah memiliki 47 pekan di posisi nomor 1 yang berarti unggul satu pekan dari Whitney yang memiliki 46 pekan. Menurut Nielsen Music, Folkfore memperoleh 87 ribu unit setara album pada pekan ini, hal ini menujukkan peningkatan sebanyak 97 persen dari pekan sebelumnya.

Billboard 200 mencatat penjualan album di Amerika Serikat berdasarkan perhitungan multi-metris yang diwakilkan melalui satuan unit setara-album. Satuan tersebut berasal dari penjualan murni album, penjualan setara-album berdasarkan lagu-lagu streaming alis track ekuivalen album (TEA), dan penjualan setara-album secara streaming (SEA).

Dari 87 ribu unit yang sudah didapatkan dari album Folkfore dalam minggu ini, penjualan album fisik mencapai 56 ribu yang berarti naik sebanyak 339 persen, unit SEA terdiri dari 30 ribu yang berarti turun empat persen atau setara dengan 39,8 juta streaming, dan unit TEA total seribu unit atau meningkat sebanyak 38 persen.

Meningkatnya penjualan album ini diduga karena Taylor menjual lebih banyak salinan CD yang memiliki tandatangan aslinya yang dijual melalui situs website resmi dan toko rekaman independen. Selain itu, dirinya juga menjual berbagai macam paket merchandise atau album di toko webnya.

Dia juga mendapat keuntungan dari perilisan versi live dari single "Betty", seperti yang ia bawakan di Academy of Country Music Awards, 16 September lalu. Setelah Swift dan Houston, Adele berada di urutan ketiga dengan memiliki pekan terbanyak di nomor 1 Billboard 200 dengan 34 minggu secara kumulatif.

Baca Juga: Siap-Siap! Miley Cyrus akan Segera Garap Album Berisi Cover Lagu Metallica!

Album folklore dirilis Swift pada 24 Juli lalu. Bertepatan dengan perilisan album ini, Swift juga melepas lagu berjudul cardigan beserta video musik yang disutradarai oleh dirinya sendiri. Album tersebut digarap Swift di tengah pandemi Covid-19, yang membuat tur konser Lover Fest penyanyi tersebut ditunda hingga tahun depan.