Ruam atau kemerahan yang terjadi pada kulit bayi memang hal yang wajar. Namun, ruam ini sangat menganggu aktivitas bayi karena rasa gatal sehingga membuat bayi menjadi rewel. 

Ruam yang ada pada kulit bayi termasuk di leher terjadi karena beberapa alasan. Bisa jadi ruam tersebut dikarenakan air liur bayi, biang keringat, dan radang kulit.

Supaya Moms enggak bingung dan repot-repot konsultasi ke dokter, HerStory sudah merangkum bagaimana cara atasi ruam pada leher bayi!

1.Gunakan baju yang menyerap keringat

Ruam dapat terjadi karena keringat sehingga membuat tubuh bayi menjadi lembab.Disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan katun untuk bayi agar dapat menyerap keringat. Selain itu juga, gunakanlah deterjen khusus untuk bayi saat mencucui bajunya.

2. Gunakan salep ruam

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan ruam pada bayi adalah menggunakan salep khusus yang mengandung lanolin dan zinc oxide. Namun, sebelum menggunakan salep untuk bayi, lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah aman untuk digunakan pada bayi.

3.Kompres dingin

Untuk mengatasi bayi yang rewel dikarenakan ruam, Moms bisa mengompres menggunakan air dingin untuk meredakan rasa gatalnya. Moms, juga bisa mengganti seluruh pakaian bayi dengan yang lebih bersih dan dapat menyerap keringat agar bayi merasa lebih nyaman.

Baca Juga: Moms Jangan Sampai Salah, Ini Cara Tepat Memasak Bubur untuk Bayi Agar Nutrisi tetap Terjaga!